PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA MODEL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN 3 TERSOBO TAHUN AJARAN 2017/2018

KART, ISNAENI APRILIA (2018) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA MODEL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN 3 TERSOBO TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1674Kb)

    Abstract

    Isnaeni Aprilia Kartikasari. PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA MODEL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TERSOBO TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2018. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media model, (2) meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SDN 3 Tersobo tahun ajaran 2017/2018, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan pendekatan saintifik dengan media model dalam peningkatan pembelajaran Matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SDN 3 Tersobo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Tersobo tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 39 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media model yaitu: (a) mengamati media model, (b) menanya media model, (c) mencoba dengan media model, (d)menalar media model,dan (e) mengomunikasikan media model. (2) penerapan pendekatan saintifik dengan media model dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang bangun ruang. Terbukti dengan perolehan hasil belajar siklus I = 88,46%, siklus II = 92,30%, siklus III = 96,15%. (3) Kendala penerapan pendekatan saintifik dengan media model, yaitu : (a) guru kurang memperhatikan alokasi waktu, (b) siswa kurang termotivasi untuk bertanya, (c) beberapa siswa gaduh saat diskusi, (d) beberapa siswa masih terlihat pasif saat diskusi. Solusi dari kendala-kendala tersebut, yaitu:(a) guru memperhatikan alokasi waktu, (b) guru memotivasi siswa untuk bertanya, (c) guru menegur siswa yang gaduh saat diskusi, (d) guru mengarahkan siswa untuk aktif diskusi. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan media model dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 3 Tersobo tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik,Media Model, Matematika. Isnaeni Aprilia Kartikasari. THE USE OF SCIENTIFIC APPROACH USING MODEL MEDIA IN IMPROVING MATHEMATICS LEARNING ABOUT GEOMETRY FOR THE FIFTH-GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 3 TERSOBO IN THE ACADEMIC YEAR OF 2017/2018. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta. April 2018. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the use of scientific approach using model media, (2) to improve Mathematics learning about geometry for fifth-grade students of SD Negeri 3 Tersobo in the academic year of 2017/2018, 3) to describe problems and solutions on the use of scientific approach using model media inimproving Mathematics learning about geometry for the fifth-grade students of SD Negeri 3 Tersobo in the academic year of 2017/2018. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Subjects of the research were 39 students of the fifth-grade of V SD Negeri 3 Tersoboin the academic year of 2017/2018. Techniques of collecting data were observation, interview, document, and test. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of technique and triangulation of sources. Data were analyzed using three stages consisting of data reduction, data display, and drawing conclusion. The results of this research showed that: (1) the steps of onthe application of scientific approach using model media, namely: (a) observing model media, (b) questioning model media, (c) trying using model media, (d) reasoning media model, and (e) communicating model media. 2) the application of scientific approach with media model can improve students’ learning outcomes about geometry. It is proven by the increase of learning outcomes inthe first cycle 88.46%, in the second cycle92.30%, and in the third cycle 96.15%. (3) the problems encountered in the learning, namely: (a) teachers are less concerned about time allocation, (b) students are less motivated to ask, (c) some students are noisy in discussion activity, (d) some students seem passive during the discussion. Solutions of these problems are: (a) teachers pay attention to time allocation, (b) teachers motivate students to ask questions, (c) teachers reprimand students who are noisy during discussion, (d) teachers instruct students to be active in discussion activity. The conclusion of this research is the use of scientific approach using model media can improve Mathematics about geometry for thefifth-grade students of SD Negeri 3 Tersobo in the academic year of 2017/2018. Keywords: scientific approach, model media, Mathematics

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 04 Jun 2018 04:16
    Last Modified: 04 Jun 2018 04:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41310

    Actions (login required)

    View Item