PENERAPAN PENDEKATAN RME DENGAN MEDIA MODEL VBANGUN RUANG DALAM PENINGKATA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS 5 SD N 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018

FARDIYANTI, ISTI (2018) PENERAPAN PENDEKATAN RME DENGAN MEDIA MODEL VBANGUN RUANG DALAM PENINGKATA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS 5 SD N 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (434Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Isti Fardiyanti. PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MEDIA MODEL BANGUN RUANG DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARANMATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 WONOSARI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2018. Tujuan Penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan RME dengan media model bangun ruang dalam peningkatan pembelajaran bangun ruang, (2) meningkatkan pembelajaran bangun ruang melalui penerapan pendekatanRME dengan media model bangun ruang, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan RME dengan media model bangun ruang dalam peningkatan pembelajaran bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas tipe kolaboratif .Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Wonosari berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan nontes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan validitas isi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah penerapan pendekatan RME dengan media model bangun ruang yaitu:(a) memahami masalah kontekstual mrnggunakan media model, (b) menjelaskan masalah kontekstual menggunakan media model, (c) menyelesaiakan masalah kontekstual menggunakan media model, (d) membandingkan dan mendiskusikan jawaban menggunakan media model, dan (e) menarikk esimpulan menggunakan media model; (2) penerapan pendekatan RME dengan media model bangun ruang dapat meningkatkan pembelajaran tentang bangun ruang siswa kelas V SD Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2017/2018 yaitu pada siklus I persentasesiswa yang tuntas mencapai 89,12%, siklus = II 93,37%, siklus = III 96,00%; (3) kendala yang dihadapi yaitu : siswa kurang aktif, guru memberikan sedikit waktuuntukmencatat, membutuhkanwaktu lama untuk berdiskusi, dan guru belum memberikan kesempatan siswa untuk membacakan hasil diskusi. Solusi untuk kendala-kendala tersebut yaitu: guru mendorong siswa untuk aktif, guru memberikan kesempatan kepada siswa menyelesaikan catatannya, guru memberikan waktu yang cukup untuk berdiskusi, dan memberikan kesempatan pada semua kelompok untuk membacakan hasil diskusinya. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan RME dengan media model bangun ruang dapat meningkatkan pembelajaran tentang bangun ruang kelas V SD Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: pendekatan RME, Media model, Bangun ruang � ABSTRACT Isti Fardiyanti. THE USE OF REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) APROACH USING MEDIA OF THREE DIMENSIONAL MODEL IN IMPROVING MATHEMATICS LEARNING ABOUT THREE DIMENSIONAL SHAPE FOR THE FIFTH-GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 1 WONOSARI IN THE ACADEMIC YEAR OF 2017/2018. Thesis, Faculty of Teacher Training and Education, SebelasMaret University of Surakarta.April 2016. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the implementation of the scientific approach using three-dimensional model, (2) to improve the Mathematics learning about three-dimensional through the application of scientific approach using three-dimensional model media, (3) and to describe problems and solutions on the implementation of scientific approach using three-dimensional model media. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles.Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 23 students of the fifth grade of SDN 1Wonosari. Techniques of collecting data were test and non-test.Validity of data in this research was analyzed using triangulation of technique and triangulation of sources.Data were analyzed through data reduction, data display, and drawing conclusion. The results showed that (1) steps of the use of Realistic Mathematics Education (RME) approach using three-dimensional model media, namely: (a) understanding contextual problem using three-dimensional model media, (b) explaining contextual problemusing three-dimensional model media, (c) solving contextual problem using three-dimensional model media, (d) comparing and discussing answers using three-dimensional model media, (e) drawing conclusion using three-dimensional model media;(2) the use of Realistic Mathematics Education (RME) approach using three-dimensional model mediacan improve learning outcomein three-dimensionalforthe fifth-grade students of SD Negeri 1 Wonosari in the academic year of 2017/2018.It was proven by the increase number of students completeness percentage, in the first cycle 89.12%, in the second cycle93.37%, and in the third cycle 96.00%, (3) Problems encountered were: takes a long for discussion, studenta are less active, the teacher gives a little time to take note, the teacher has not given the students a chance to read out the discussion. Solutions of the problems areteachers encourange students to be active, teachers provide opportunities for students to complete their records, teachers allow sufficient time for discussion, allowing all groups to read out the outcome fot their discussion result. The conclusion of this research is the implementation ofRME using three-dimensional model mediacan improveMathematics learning about three-dimensional shape for the fifth-grade students of SDN 1 Wonosari in the academic year of 2017/2018. Keywords: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Model Media, Three-dimensional shape.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 04 Jun 2018 04:13
    Last Modified: 04 Jun 2018 04:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41309

    Actions (login required)

    View Item