PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)DAN THINK-PAIR-SHARE(TPS) TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK DITINJAU DARI INTERNAL LOCUS OF CONTROL

WIDIAWATI, LENI (2018) PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)DAN THINK-PAIR-SHARE(TPS) TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK DITINJAU DARI INTERNAL LOCUS OF CONTROL. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1723Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan higher order thinking skills antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan pendekatan scientific dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan scientific dalam model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS). 2) mengetahui perbedaan higher order thinking skills antara peserta didik yang memiliki internal locus of control tinggi dan rendah. 3) mengetahui interaksi pengaruh antara pendekatan scientific dalam model pembelajaran dengan internal locus of control terhadap higher order thinking skills. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Surakarta dengan jurusan bisnis dan manajemen. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 111 peserta didik yang meliputi 39 peserta didik SMK Batik 1 Surakarta sebagai kelas uji coba, 42 peserta didik SMK Batik 2 Surakarta sebagai kelas eksperimen, dan 30 peserta didik SMK Negeri 1 Surakarta sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis varian dua jalan dengan jumlah sel tak sama dan t-test dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan higher order thinking skills antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan pendekatan scientific dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan scientific dalam model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS). Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai Fhitung sebesar 6,803 dengan Sig. 0,011. 2) terdapat perbedaan higher order thinking skills antara peserta didik yang memiliki internal locus of control tinggi dan rendah. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai Thitung sebesar 3,100. 3) terdapat interaksi pengaruh antara pendekatan scientific dalam model pembelajaran dengan internal locus of control terhadap higher order thinking skills. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 44,303 dengan sig. 0,00. Kata Kunci: Higher Order Thinking Skills, Pendekatan Scientific, Problem Based Learning, Think-Pair-Share, Internal Locus Of Control. This study intents to: 1) know the difference of higher order thinking skills between students who learn by using scientific approach in Problem Based Learning (PBL) model and scientific approach in Think-Pair-Share (TPS) learning model. 2) know the difference of higher order thinking skills between students who have high and low internal locus of control 3) know the effect of interactions between scientific approach in learning model with internal locus of control toward higher order thinking skills. The research is quasi experiment of 2x2 factorial design. It population is all students of XI grade in Vocational High School of business and management major in Surakarta. The used sampling is simple random sampling. The number of sample is 111 including 39 students of SMK Batik 1 Surakarta as trial class, 42 students of SMK Batik 2 Surakarta as an experiment class, and 30 students of SMKN 1 Surakarta as control class. Data collection technique uses methods of interview, observation, documentation, questionnaire, and test. Data analysis technique uses two way variant analysis with unequall total cell and t-test with prerequisite test analysis namely normality and homoginity test. The result of this research shows that: 1) there are difference of higher order thinking skills between students who learn by using scientific approach in Problem Based Learning (PBL) model and scientific approach in Think-Pair-Share (TPS) learning model. It is represented with gotten value of Fcount totally 6.803 with Sig. 0.011. 2) there are the difference of higher order thinking skills between students who have high and low internal locus of control. It is represented with gotten value of Tcount totally 3.100. 3) there are the effect of interactions between scientific approach in learning model with internal locus of control to higher order thinking skills. It is represented with gotten value of Fcount totally 44.303 with sig. 0.00. Key words: Higher Order Thinking Skills, Scientific Approach, Problem Based Learning, Think-Pair-Share, Internal Locus of Control.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 04 Jun 2018 04:07
    Last Modified: 04 Jun 2018 04:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41307

    Actions (login required)

    View Item