IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN KUDUS NOMOR 6 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI TERMINAL (STUDI TERHADAP RETRIBUSI TERMINAL TIPE C)

Maylani, Fita Fiana (2018) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN KUDUS NOMOR 6 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI TERMINAL (STUDI TERHADAP RETRIBUSI TERMINAL TIPE C). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (781Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Fita Fiana Maylani. 2018. E0014164. IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN KUDUS NOMOR 6 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI TERMINAL (STUDI TERHADAP RETRIBUSI TERMINAL TIPE C). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 6 Tahun 2011 tentang Retribusi Terminal. Mengenai efektifitas penarikan retribusi dalam kaitannya dengan pendapatan asli daerah (PAD) serta adanya hambatan pada saat pelaksanaan implementasi Peraturan Daerah (Perda) tersebut. Adanya hambatan yang ditemukan maka tentunya harus ditemukan solusi yang tepat untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian hukum yang bersifat empiris. Sumber data primer yang digunakan diperoleh berdasarkan penelitian di Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus. Penelitian dilakukan terhadap pengelolaan penarikan retibusi tipe c sebagai Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Retribusi Terminal. Pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan guna mendapatkan data primer dan studi pustaka guna mendapatkan data sekunder sebagai landasan teori yang berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data tersebut diperoleh dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan mengenai Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 6 Tahun 2011 tentang Retribusi Terminal sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kudus.Berdasarkan mekanisme pelaksanaan sudah sesuai dengan peraturan hanya saja ada sebagian yang tidak memenuhi target karena banyaknya kendaraan pribadi sehingga berkurang kendaraan umum yang beroperasi dan peran serta masyarakat yang dirasa belum maksimal serta kurang efektifnya pemberian sanksi bagi pelanggar dalam hal retribusi terminal di Kabupaten Kudus. Keberhasilan implementasi tersebut di akibatkan oleh adanya faktor pendukung dan penghambat. Kata Kunci : Peraturan Daerah, Retribusi Terminal, PAD.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 03 Jun 2018 22:43
    Last Modified: 03 Jun 2018 22:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41303

    Actions (login required)

    View Item