LUCUTAN PLASMA DENGAN VARIASI PENAMBAHAN KONSENTRASI HIDROGEN PEROKSIDA DAN KONFIGURASI ELEKTRODA PADA PROSES DEGRADASI METILEN BIRU

Rawasiyyah, Fajrin (2018) LUCUTAN PLASMA DENGAN VARIASI PENAMBAHAN KONSENTRASI HIDROGEN PEROKSIDA DAN KONFIGURASI ELEKTRODA PADA PROSES DEGRADASI METILEN BIRU. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (448Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan pengaruh variasi konsentrasi H2O2 dan konfigurasi elektroda terhadap absorbansi, pH dan temperatur metilen biru sebelum dan sesudah kontak dengan plasma. Dalam penelitian ini, reaktor plasma terdiri dari elektroda jarum yang dihubungkan dengan tegangan AC sebesar 11,5 kV. Variasi konsentrasi penambahan H2O2 yang digunakan adalah 5, 6, 7, 8, 9, dan 10 mmol, sedangkan variasi konfigurasi elektroda yang digunakan adalah 1 pasang elektroda dan 2 pasang elektroda. Waktu kontak plasma yang digunakan adalah 1, 2, 3, 4, dan 5 menit. Absorbansi larutan diukur menggunakan spektrometer UV-Vis. Hasilnya absorbansi menurun seiring bertambahnya waktu kontak dengan plasma. Selain itu, penambahan H2O2 sebelum kontak dengan plasma mempercepat degradasi metilen biru, sedangkan kombinasi plasma dan penambahan H2O2 menghasilkan reaksi yang lebih komplek yang mendegradasi metilen biru selanjutnya, pH larutan metilen biru mengalami penurunan seiring dengan waktu kontak dengan plasma dan penambahan H2O2 karena senyawa asam yang dihasilkan selama reaksi. Temperatur larutan metilen biru semakin tinggi seiring bertambahnya waktu kontak dengan plasma dan penambahan H2O2. Pada variasi konfigurasi elektroda yaitu 1 pasang elektroda dan 2 pasang elektroda dengan penambahan H2O2 dan tanpa penambahan H2O2, metilen biru mengalami penurunan absorbansi. Jadi dengan adanya penambahan elektroda dan penambahan H2O2 berpengaruh pada penurunan absorbansi metilen biru meskipun tidak berbeda secara signifikan. Hasil yang di peroleh dibuktikan dengan analisa ANOVA dua arah tanpa perulangan, menunjukkan nilai persentase penurunan absorbansi dengan plasma menggunakan 1 dan 2 pasang elektroda baik dengan dan tanpa penambahan H2O2 tidak berbeda signifikan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 03 Jun 2018 22:27
    Last Modified: 03 Jun 2018 22:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41302

    Actions (login required)

    View Item