IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA SURAKARTA BERDASARKAN UU NO.23 TAHUN 2014 TERHADAP PENINGKATAN SUMBER PAD MELALUI RETRIBUSI PASAR

S, ELIZABETH DIANI (2018) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA SURAKARTA BERDASARKAN UU NO.23 TAHUN 2014 TERHADAP PENINGKATAN SUMBER PAD MELALUI RETRIBUSI PASAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (545Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menjelaskan implementasi kewenangan Pemerintah Kota Surakarta bedasarkan UU 23 Tahun 2014 terhadap peningkatan sumber Pendapatan Asli Daerah melalui retribusi pasar. 2) Menjelaskan bagaimana hambatan dan kendala-kendala dalam menjalankan kewenangan untuk meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah melalui retribusi pasar. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan sifat penelitian berupa penelitian deskriptif. Pendekatan penelitian hukum menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis dan sumber bahan hukum menggunakan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan wawancara dan studi studi dokumen. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat peneliti simpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan kebijakan retribusi di Kota Surakarta Terkait pelaksanaan kebijakan retribusi pasar di Kota Surakarta sudah menunjukkan hasil yang cukup efektif, kebijakan yang dilaksanakan berdasarkan kewenangan pemerintah Kota Surakarta sebagai upaya untuk penguatan otonomi daerah melalui peningkatan pendapatan asli daerah. 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam efektivitas penarikan retribusi pasar diantaranya adalah kurangnya ketertarikan pedagang untuk menempati los dan kios yang kosong dan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM). Sedangkan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut dilakukan dengan cara mengadakan sosialisasi dan meningkatkan mutu petugas pelaksana retribusi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 03 Jun 2018 22:25
    Last Modified: 03 Jun 2018 22:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41301

    Actions (login required)

    View Item