Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai Keberagaman Pemukiman Etnis di Palembang dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa di SMA Negeri 1 Muara Enim.

SETYAWATI, DEWI (2018) Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai Keberagaman Pemukiman Etnis di Palembang dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa di SMA Negeri 1 Muara Enim. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1202Kb)

    Abstract

    Dewi Setyawati. 2017.Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai Keberagaman Pemukiman Etnis di Palembang dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa di SMA Negeri 1 Muara Enim. TESIS. Pembimbing I : Prof. Dr. Sariyatun,M.Pd.,M.Hum. Pembimbing II : Prof. Dr. Nunuk Suryani,M.Pd. Program Studi : Program Pendidikan Pascasarjana Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajarann sejarah di SMA Negeri 1 Muara Enim. (2) Mengembangkan pembelajaran Sejarah berbasis nilai Keberagaman Pemukiman Etnis di Palembang untuk meningkatkan sikap Toleransi kolaborasi model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Value Clarification Technique (VCT) di SMA Negeri 1 Muara Enim. (3) Menguji efektifitas model pembelajaran Sejarah berbasis nilai Keberagaman Pemukiman Etnis di Palembang untuk meningkatkan sikap Toleransi kolaborasi model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Value Clarification Technique (VCT) di SMA Negeri 1 Muara Enim. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan Dick and Carey. Aplikasi dalam pembelajaran model ini menggunakan Pembelajaran kooperatif Problem Based Learning (PBL) dan Value Clarification Technique (VCT). Teknik analisis data menggunakan wawancara, studi literatur, dan data kelas. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Penelitian ini mengambil sampel peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kabupaten Muara Enim. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Kondisi pembelajaran sejarah yang selama Ini berlangsung di SMA Negeri 1 Mauara Enim perlu ditingkatkan kualitasnya terutama untuk meningkatkan sikap toleransi siwa (2) Hasil Pengembangan model pembelajaran berbasis keberagaman Pemukiman Etnis di Palembang di SMA Negeri 1 Muara Enim menujukkan bahwa model pembelajaran tersebut layak diimplementasikan dan signifikansi meningkatkan sikap toleransi siswa (3) Model Pembelajaran sejarah berbasis Keberagaman pemukiman Etnis di Palembang efektif meningkatkan sikap Toleransi siswa di SMA Negeri 1 Muara Enim. Uji Efektifitas Model menunjukkan uji T diperoleh 2,423 dengan taraf signifikansi 0,019 < 0,025 yang berarti model pembelajaran berbasis nilai keberagaman Pemukiman Etnis di Palembang efektif untuk meningkatkan sikap toleransi siswa. Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Keberagaman pemukiman Etnis Palembang, Sikap Toleransi, Efektifitas Model

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 30 May 2018 14:56
    Last Modified: 30 May 2018 14:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41278

    Actions (login required)

    View Item