Implementasi Budaya Kerja ACTIVE di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Muallifa, Rizka Nur Laily (2018) Implementasi Budaya Kerja ACTIVE di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (774Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan (1) implementasi budaya kerja ACTIVE; (2) hambatan-hambatan; dan (3) bagaimana solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah (1) informan yang terdiri dari dekan, pimpinan administratif, para dosen dan mahasiswa yang ditentukan dengan teknik sampling bertujuan dan bola salju (2) lingkungan sosial FKIP, serta (3) dokumen terkait budaya kerja ACTIVE. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan, perekaman, wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan penelitian, pelaksanaan penelitian, dan penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian ini: (1) implementasi budaya kerja ACTIVE di FKIP UNS belum optimal karena subjek penelitian mengetahui budaya kerja ACTIVE sebatas slogan; (2) hambatannya antara lain karena belum adanya sosialisasi khusus terkait budaya kerja ACTIVE kepada sivitas akademika FKIP UNS, kurang bervariasinya metode internalisasi budaya kerja ACTIVE, belum adanya buku pedoman pelaksanaan budaya kerja ACTIVE, belum seimbangnya fasilitasi oleh instansi dengan kebutuhan sumberdaya manusia di lingkungan FKIP UNS terutama dalam menyediakan wadah publikasi jurnal ilmiah; (3) Solusi yang telah dilakukan untuk menangani hambatan yang ada ialah dengan menyampaikan hal ihwal budaya kerja ACTIVE dalam setiap pertemuan seperti rapat senat, rapat dekan dengan para kaprodi, serta pertemuan-pertemuan lainnya. Para pimpinan berusaha menjadi teladan bagi para staf, dosen memberi contoh perilaku yang baik kepada para mahasiswa, mahasiswa berusaha memenuhi tugas belajarnya dengan baik dengan tetap berupaya mengembangkan potensi diri di luar kelas perkuliahan sebagai ujud mengimplementasikan nilai-nilai budaya kerja ACTIVE UNS. Kata kunci: budaya kerja, ACTIVE, FKIP UNS.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Administrasi Perkantoran
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 28 May 2018 14:41
    Last Modified: 28 May 2018 14:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41274

    Actions (login required)

    View Item