Computer Based Training (CBT) Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Surakarta

MURTININGSIH, RETNA (2018) Computer Based Training (CBT) Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Surakarta. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2070Kb)

    Abstract

    Proses penyerapan informasi dan pengetahuan yang dipelajari oleh siswa membutuhkan media. Kehadiran media pembelajaran sangat penting untuk membantu pencapaian tujuan pembelajaran, karena media dapat memperjelas informasi yang disampaikan oleh guru. SMP Negeri 4 Surakarta termasuk salah satu sekolah yang berbasis CBT artnya di sekolah tersebut guru menggunakan Computer Based Training sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran CBT sebagai media pembelajaran IPS pada siswa kelas VII di SMPN 4 Surakarta; (2) mendeskripsikan proses pembelajaran berbasis CBT yang dilakukan secara kolaboratif oleh guru dan siswa di kelas; (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi pembelajaran berbasis CBT; (4) menggambarkan kelebihan dan kelemahan pembelajaran CBT sebagai media pembelajaran IPS. Penelitian ini berbentuk kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan teknik purposive sampling. Validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber, trianggulasi metode, trianggulasi peneliti dan trianggulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam perencanaan pembelajaran guru menentukan SK dan KD, merancang metode, membuat RPP, menyiapkan media, dan membuat pertanyaan; (2) Dalam proses pembelajaran terdiri empat tahapan kegiatan, yaitu: (1) Pendahuluan; (2) Kegiatan Inti (Mengamati, Menanya, Mencari Informasi, Mengasosiasi, Mengkomunikasikan); (3) Penutup; (4) Penilaian. Pembelajaran berbasis CBT yang dilakukan oleh guru mata pelajaran IPS telah menunjukkan bahwa CBT sebagai media pembelajaran IPS terbukti efektif, dengan hasil prestasi siswa rata-rata telah dapat mencapai batas KKM, bahkan banyak yang berhasil melebihi target pencapaian KKM. Pembelajaran berbasis CBT memiliki kelebihan dan kelemahan, bahkan terdapat adanya kendala sarana dan prasarana yang mahal. Semoga hasil penelitian ini dapat digunakan untuk merumuskan rekomendasi di masa depan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Computer Based Training (CBT), Mata Pelajaran IPS.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 28 May 2018 14:30
    Last Modified: 28 May 2018 14:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41273

    Actions (login required)

    View Item