PENGARUH MODIFIKASI PERILAKU DIFFERENTIAL REINFORCEMENT OF ZERO RESPONDING (DRO) TERHADAP PERILAKU PERSEVERASI ANAK AUTIS KELAS VIII DI SLB NEGERI SURAKARTA

Pratama, Fiola Indah Putri (2018) PENGARUH MODIFIKASI PERILAKU DIFFERENTIAL REINFORCEMENT OF ZERO RESPONDING (DRO) TERHADAP PERILAKU PERSEVERASI ANAK AUTIS KELAS VIII DI SLB NEGERI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (639Kb)

    Abstract

    Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi perilaku Differrential Reinforcement of Zero Responding (DRO) terhadap perilaku perseverasi anak autis kelas VIII di SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan subjek tunggal (single subject research) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian adalah anak autis kelas VIII di SLB Negeri Surakarta berjumlah 1 anak. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil analisis penelitian ini diperoleh rata-rata skor masing-masing subjek dalam tiga tahap yaitu, tahap baseline 1, tahap intervensi dan tahap baseline 2 dengan perilaku perilaku perseverasi verbal. Dalam tahap baseline 1, subjek menunjukkan perilaku perseverasi verbal selama 11,75 menit. Pada tahap intervensi, subjek menunjukkan perilaku perseverasi verbal rata-rata menurun yaitu selama 6,5 menit. Pada tahap baseline 2 perilaku perseverasi verbal menurun menjadi 5 menit. Hasil menunjukkan adanya pengaruh berupa penurunan perilaku perseverasi verbal anak autis kelas VIII dengan kestabilan 100% (stabil) ke 100% (stabil). Pengaruh berupa penurunan perilaku membuktikan bahwa hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modifikasi perilaku DRO berpengaruh terhadap perilaku perseverasi anak autis kelas VIII SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: Modifikasi Perilaku, Differential Reinforcement of Zero Responding (DRO), Perilaku Perseverasi, Anak Autis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 28 May 2018 13:59
    Last Modified: 28 May 2018 13:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41269

    Actions (login required)

    View Item