Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Sudent Team Achievement Division (STAD) Dengan Kombinasi Tipe Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas XI AP I Pada Mata Pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan Di SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017.

PRASOJO, DIDIT AGUNG (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Sudent Team Achievement Division (STAD) Dengan Kombinasi Tipe Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas XI AP I Pada Mata Pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan Di SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (397Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI AP SMK Negeri 1 Sukoharjo dalam mengikuti mata pelajaran mengelola sistem kearsipan Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division ( STAD) dengan kombinasi tipe pembelajaran Mind Maping. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI AP SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan guru mata pelajaran mengelola sistem kearsipan, peneliti dan partisipasi peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui beberapa kegiatan berupa: (a) observasi, (b) interview, dan (c) dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) pengamatan, dan (d) refleksi tindakan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division ( STAD) dengan kombinasi tipe pembelajaran Mind Maping dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Hal ini terbukti pada siklus I dan siklus II keaktifan peserta didik terus meningkat. Keaktifan peserta didik pada saat pra siklus belum mencapai 80%. Pada Siklus 1 keaktifan mengalami peningkatan pada aspek visual activities 61,11%, oral activities 55,56%, drawing activities 75%, mental activities 69,44% dan emotional activities 75%. Selanjutnya pada siklus 2 keaktifan mengalami peningkatan yang signifikan pada aspek visual activities 94,44%, oral activities 91,66%, drawing activities 94,44%, mental activities 94,44% dan emotional activities 97,23%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan kombinasi tipe pembelajaran Mind Maping dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan. Kata Kunci : STAD, Mind Maping, keaktifan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 28 May 2018 02:03
    Last Modified: 28 May 2018 02:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41261

    Actions (login required)

    View Item