SINKRONISASI UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DAN UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945 GUNA MEWUJUDKAN ASAS-ASAS UMUM PEMERINTAHAN YANG BAIK

RUMAISA, DEWI (2018) SINKRONISASI UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DAN UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945 GUNA MEWUJUDKAN ASAS-ASAS UMUM PEMERINTAHAN YANG BAIK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (738Kb)

    Abstract

    Penulisan ini bertujuan menganalisis dan mengkaji ketidaksesuain UndangUndang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup selanjutnya disebut UUPPLH yang dianggap kurang sesuai dengan peraturan diatasnya yaitu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyongsong Konstitusi Hijau (Green Constitution) pada Pasal 28 H ayat (1) dan Pasal 33 ayat (4). Hal ini mempengaruhi optimalisasi serta hambatan dari implementasi UUPPLH itu sendiri. Penulisan hukum ini menggunakan penelitian hukum dengan jenis Metode Penelitian Normatif bersifat perspektif. dengan menggunakan sumber-sumber bahan hukum, baik bahan hukum primer maupun bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara studi kepustakaan baik berupa buku-buku, maupun dokumen. Dalam penulisan hukum ini, penulis menggunakan teknik deduksi berdasarkan metode penalaran deduktif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa, ketidaksesuaian Undang-Undang dengan Peraturan diatasanya dapat diatasi dengan peran pemerintah untuk mengubah / mencabut pasal tertentu yang mengalami disharmoni atau seluruh pasal peraturan perundang-undangan yang bersangkutan, oleh lembaga/instansi yang berwenang yang membentuknya atau mengajukan permohonan uji materil kepada Mahkamah Konstitusi untuk pengujian peraturan perundang-undangan dibawah undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 28 May 2018 01:39
    Last Modified: 28 May 2018 01:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41258

    Actions (login required)

    View Item