PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KATALOG DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI HIDROSFER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR ANALITIS (kelas X SMA MTA Surakarta tahun pelajaran 2016/2017)

WULANDARI, DEVY RISTIANA (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KATALOG DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI HIDROSFER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR ANALITIS (kelas X SMA MTA Surakarta tahun pelajaran 2016/2017). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1026Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Mengetahui kebutuhan terhadap penggunaan media pembelajaran katalog digital berbasis PBL pada materi hidrosfer kelas X SMA MTA Surakarta. (2) Mengetahui pengembangan media pembelajaran katalog digital berbasis PBL pada materi hidrosfer (3) Mengetahui bahwa implementasi media pembelajaran katalog digital berbasis PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir analitis peserta didik pada materi hidrosfer kelas X SMA MTA Surakarta. (4) Mengetahui bahwa implementasi media pembelajaran katalog digital berbasis PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan berpikir analitis peserta didik pada materi hidrosfer kelas X SMA MTA Surakarta. Penelitian ini merupakan Research and Development (R & D) dengan model Analysis Design Developmen Implementation Evaluation (ADDIE). Kemampuan berpikir kritis diukur dengan instrumen tes, sedangkan kemampuan berpikir analitis diukur dengan instrumen angket. Subjek penelitian kelas X IIS SMA MTA Surakarta Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : (1) Kebutuhan peserta didik akan media pembelajaran katalog digital berbasis PBL menunjukkan angka sebesar 84% sehingga dapat di kategori butuh.. (2) Media Pembelajaran Katalog Digital berbasis PBL dikembangkan dengan model ADDIE dan divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa sebesar 91,7% dengan kategori sangat layak dan uji coba skala terbatas dengan respon sebesar 85% dalam kategori sangat layak (3)Hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dihitung dengan menggunakan uji-T menunjukkan angka pretest sebesar 67 sedangkan posttest sebesar 79,5 dengan hasil thitung sebesar 21 dengan angka ttabel sebesar 2,045, sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang signifikan. (4) Hasil perhitungan angket terdapat peningkatan kemampuan berpikir analitis peserta didik dengan perolehan rerata skor pretest sebesar 48,1 dan rerata skor posttest seesar 73, sehingga didapatkan hasil bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir analitis setelah diberikan media pembelajaran katalog digital berbasis PBL. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Katalog Digital, PBL, Hidrosfer

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 28 May 2018 01:32
    Last Modified: 28 May 2018 01:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41256

    Actions (login required)

    View Item