ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET ATAS PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) ONLINE (STUDI KASUS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN).

SURYAWAN, BOBY ANGGIT (2018) ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET ATAS PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) ONLINE (STUDI KASUS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1703Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kepuasan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret atas penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Online. (2) Kendala yang dihadapi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret atas penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Online. (3) Mencari solusi dalam menghadapi kendala yang dialami mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret atas penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Online. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kasus. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Sumber data meliputi informan, aktivitas, lokasi penelitian, serta dokumen. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling yang dilanjutkan dengan teknik Snowball Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kepuasan mahasiswa PAP FKIP UNS atas penggunaan SIAKAD Online berdasarkan Indikator Kepuasaan Penggunaan Sistem Informasi menunjukkan penilaian yang cukup puas dan berdasarkan penilaian menyeluruh menunjukkan penilaian yang cukup puas. (2) Kendala dan keluhan yang dihadapi mahasiswa PAP FKIP UNS atas penggunaan SIAKAD Online adalah (a) Kesulitan untuk mengakses pada saat awal dan akhir semester. (b)Terjadi Error pada website SIAKAD. (c) Kurang diperhatikannya fitur konsultasi online. (d) Tidak dapat mengetahui dosen pengampu pada saat pemilihan mata kuliah.(e) Tidak ada pembaharuan tampilan website SIAKAD. (3) Solusi untuk mengadapi kendala tersebut adalah (a) Mengadakan sosialisasi dengan syarat fakultas harus melakukan request. (b) Menggunakan manual book bagi pengguna yang telah disediakan pada website. (c) Menyediakan wadah untuk bertukar informasi mengenai masalah yang dihadapi pengguna (d) Melakukan upgrade kapatistas server untuk mempercepat akses . (e) Melakukan migrasi server database (f) Melakukan pengecekan jaringan pada pengguna. (g) Dilakukan maintenance untuk memperbaiki website. (h) Mahasiswa diperbolehkan untuk konsultasi secara offline atau tatap muka langsung dengan pembimbing akademik. (i) Menjadikan konsultasi online sebagai syarat pengisian KRS. (j) Dilakukan pembaharuan tampilan SIAKAD secara bertahap. Kata Kunci : analisis, kepuasan dan sistem informasi akademik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Administrasi Perkantoran
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 28 May 2018 00:55
    Last Modified: 20 Aug 2018 14:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41250

    Actions (login required)

    View Item