PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ADOBE AIR (ADOBE INTEGRATED RUNTIME) PADA MATERI PEMBELAJARAN ATMOSFER MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/ 2018.

Setyabudi, Bagus (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ADOBE AIR (ADOBE INTEGRATED RUNTIME) PADA MATERI PEMBELAJARAN ATMOSFER MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/ 2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (970Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1)mengetahui proses pengembangan multimedia pembelajaran Adobe AIR pada materi atmosfer,(2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran Adobe AIR yang dihasilkan sebagai salah satu media pembelajaran pada materi atmosfer mata pelajaran Geografi kelas X SMA Negeri 5 Surakarta dan (3) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran Adobe AIR sebagai salah satu media pembelajaran pada materi atmosfer mata pelajaran Geografi kelas X SMA Negeri 5 Surakarta.Penelitian ini digunakan metode penelitian R & D (Research and Development). Peserta didik kelas X IPS 1, X IPS 2, dan X IPS 4 SMAN 5 Surakarta digunakan sebagai subjek penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis modes (modus) dan normalized gain score. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, Penelitian dan pengembangan multimedia Adobe AIR terdiri dari 5 tahap, meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Kedua, Tingkat kelayakan multimedia pembelajaran Adobe AIR yang dihasilkan sebagai salah satu media pembelajaran pada materi atmosfer mata pelajaran Geografi kelas X SMA Negeri 5 Surakarta berada pada tingkat “baik” berdasarkan evaluasi kelayakan multimedia pembelajaran oleh ahli media dan pada tingkat “cukup baik” dan “baik” berdasarkan evaluasi kelayakan multimedia pembelajaran oleh ahli materi. Ketiga, Produk multimedia Adobe AIR dinyatakan efektif. Pada pre-test didapat skor rata-rata 48,6. Pada post-test didapat skor rata-rata 65,3. Setelah kedua data tersebut dihitung menggunakan normalized gain score didapat nilai 0,33 yang menurut tabel kriteria efektivitas produk termasuk ke dalam kategori sedang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 28 May 2018 00:46
    Last Modified: 28 May 2018 00:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41249

    Actions (login required)

    View Item