PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN MEDIA KARTU DOMINO PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Devi K, Adika (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN MEDIA KARTU DOMINO PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (847Kb)

    Abstract

    PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN MEDIA KARTU DOMINO PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) kualitas proses pembelajaran menulis aksara Jawa; dan (2) kemampuan menulis aksara Jawa melalui metode Numbered Heads Together (NHT) dan media kartu domino pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 32 siswa. Sumber data berupa informan, peristiwa, dan dokumen. Teknik pegumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, analisis dokumen, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah validasi triagulasi metode dan sumber data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis komparatif, yaitu membandingkan hasil belajar siswa dalam menulis aksara Jawa dan deskriptif dengan analisis kritis, yaitu mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan media kartu domino dapat meningkatkan kualitas proses dan keterampilan menulis aksara Jawa siswa dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari presentase: (1) kualitas proses pembelajaran terus meningkat dari siklus I ke siklus II. Ini dapat dilihat pada hasil observasi aktivitas belajar siswa dalam menulis aksara Jawa diperoleh jumlah siswa yang memiliki aktivitas belajar “amat baik dan baik” yaitu pada siklus I 65,63%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 84,38%; (2) keterampilan menulis aksara Jawa siswa mengalami peningkatan dari silkus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat pada ketuntasan siswa yang mencapai nilai KKM ≥76 pada survei awal sebanyak 11 siswa (34,38%), pada siklus I menjadi 14 siswa (43,45%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 28 siswa (87,50%). Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan media kartu domino dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Kartasura. Kata Kunci: Metode Numbered Heads Together (NHT), media kartu domino, keterampilan menulis aksara Jawa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: Yusuf Fadlila R
    Date Deposited: 26 May 2018 00:44
    Last Modified: 26 May 2018 00:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41241

    Actions (login required)

    View Item