pengembangan media pembelajaran e-learning geografi berbasis adobe untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas x sma n 1 sragen tahun ajaran 2017/2018

Ramadhan, Ulfah Khairani (2018) pengembangan media pembelajaran e-learning geografi berbasis adobe untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas x sma n 1 sragen tahun ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (730Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ulfah Khairani Ramadhan. K5414051. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING GEOGRAFI BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS X IIS SMA N 1 SRAGEN TAHUN 2017/2018. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)kebutuhan peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran e-learning geografi (2)kelayakan media pembelajaran e-learning geografi yang digunakan (3)tingkat efektivitas penggunaan media pembelajaran e-learning geografi pada materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik X IIS SMA N 1 Sragen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development ), dengan model pengembangan Dick and Carrey yang telah dilakukan penyederhanaan dan penggabungan dari 10 langkah menjadi 5 langkah yaitu analisis kebutuhan, perencanaan produk, pengembangan, validasi ahli dan uji coba produk. Parameter yang digunakan dalam pengembangan ini adalah Hasil belajar kognitif peserta didik yang dianalisis menggunakan Analisis uji t yaitu independent sample T test dengan taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1)kebutuhan peserta didik terhadap media pembelajaran e-learning geografi didapatkan dari data analisis kebutuhan mengenai gaya belajar, kemampuan menggunakan media dan pengggunaan warna serta tulisan (2)pengembangan media pembelajaran e-learning geografi diyatakan layak digunakan didalam pembelajaran dikarenaan mendapatkan skor modus 4 (kategori baik dalam skala likert) dari ahli media, ahli materi, dan pendidik (3)media pembelajaran e-learning geografi dinyatakan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, hal ini terlihat pada hasil pre test yang awalnya 72,7 menjadi 83,8 dibandingkan dengan media power point yang nilai awal( pre test) 71,7 pada saat post test hanya mendapatkan 76,8. Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, E-learning, Hasil belajar Kognitif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 25 May 2018 20:53
    Last Modified: 25 May 2018 20:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41238

    Actions (login required)

    View Item