Analisis Berkas Radiasi Pesawat Radioterapi Linear Accelerator (LINAC) dengan Target Tungsten menggunakan Software MCNPX

Permatasari, Intan Dyah Ayu (2018) Analisis Berkas Radiasi Pesawat Radioterapi Linear Accelerator (LINAC) dengan Target Tungsten menggunakan Software MCNPX. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1497Kb)

    Abstract

    Pada penelitian ini dilakukan simulasi untuk menentukan distribusi spektrum energi berkas radiasi sinar-X dan elektron yang dihasilkan oleh LINAC dengan target tungsten (W). Distribusi intensitas berkas radiasi di ruang target dan fantom air yang mewakili objek jaringan tubuh, dihitung melalui metode simulasi menggunakan perangkat lunak Monte Carlo N-Particle eXtended version (MCNPX). Validasi program simulasi dilakukan menggunakan tegangan pemercepat 40 kV pada target Al, Cu dan 70 kV pada target W. Berdasarkan hasil validasi diperoleh perbedaan relatif panjang gelombang sinar-X karakteristik sangat kecil 1,01%, nilai tersebut menunjukkan bahwa hasil simulasi telah sesuai dengan teori, sehingga program simulasi dapat dilanjutkan. LINAC disimulasikan dengan energi elektron 6 MeV hingga 15 MeV menggunakan target W. Distribusi intensitas spektrum energi dari sinar-X dan elektron ditinjau pada ruang target yang berada di kepala LINAC dan pada fantom air yang diletakkan di atas couch treatment. Dari semua energi elektron yang disimulasikan, sinar-X yang dihasilkan sebagian besar (40 – 75) % merupakan sinar-X dengan energi 1 MeV hingga 2 MeV, sedangkan intensitas sinar-X dengan energi sebesar energi elektron penembaknya, sangat kecil (0,03-0,340) %. Di samping itu, juga ditemukan elektron pada ruang target dan di dalam fantom air sebesar 2,5% hingga 5,7% dibandingkan intensitas sinar-X, sehingga dapat menambah dosis ekuivalen pada jaringan tubuh pasien. Informasi ini dapat digunakan untuk pembuatan desain filter rentang energi rendah yang mendominasi spektrum dan pertimbangan upaya proteksi radiasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 25 May 2018 19:43
    Last Modified: 25 May 2018 19:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41222

    Actions (login required)

    View Item