EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM PEMBELAJARAN EKONOMI DAN LABORATORIUM PRAKTIK BISNIS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

PRAMESTI, IMMAS (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM PEMBELAJARAN EKONOMI DAN LABORATORIUM PRAKTIK BISNIS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (812Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Immas Pramesti. K7413081. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM PEMBELAJARAN EKONOMI DAN LABORATORIUM PRAKTIK BISNIS DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, efektivitas, dan hambatan penggunaan Laboratorium Pembelajaran Ekonomi dan Laboratorium Praktik Bisnis di Program Studi Pendidikan Ekonomi. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai evaluasi penggunaan laboratorium di Program Studi Pendidikan Ekonomi dan dapat sebagai rujukan bagi sekolah maupun program studi lain dalam menggunakan laboratorium. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Data primer berupa hasil wawancara dan kuesioner, data sekunder berupa dokumen atau data yang diperoleh secara tidak langsung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Pengambilan subjek penelitian dilakukan melalui purposive sampling dan snowball sampling. Uji validitas data yang digunakan adalah uji kredibilitas dan uji dependability dengan analwaswas data sebelum dan sesudah di lapangan. Pada analwaswas data di lapangan terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Laboratorium Pembelajaran Ekonomi baru digunakan untuk melakukan praktek pada mata kuliah Ekonomi Makro, sedangkan Laboratorium Praktik Bisnis sudah digunakan secara rutin (Senin-Jum’at). Kedua, penggunaan Laboratorium Pembelajaran Ekonomi masuk kategori kurang efektif (55%), yang terdiri dari indikator-indikator sebagai berikut: (1) frekuensi penggunaan laboratorium masuk kategori tidak efektif (39,17%), (2) kelengkapan alat-alat dan bahan yang ada di laboratorium masuk kategori kurang efektif (55%), (3) kesesuaian materi dengan alat yang tersedia di laboratorium masuk kategori cukup efektif (64,58%), (4) alokasi waktu yang cukup untuk kegiatan praktikum masuk kategori cukup efektif (67,08%). Sedangkan penggunaan Laboratorium Praktik Bisnis masuk kategori efektif (82,08%), yang terdiri dari indikator-indikator sebagai berikut: (1) frekuensi penggunaan laboratorium masuk kategori sangat efektif (97,50%), (2) kelengkapan alat-alat dan bahan yang ada di laboratorium masuk kategori cukup efektif (69,17%), (3) kesesuaian materi dengan alat yang tersedia di laboratorium masuk kategori efektif (73,75%), (4) alokasi waktu yang cukup untuk kegiatan praktikum masuk kategori sangat efektif (87,92%). Ketiga, hambatan penggunaan Laboratorium Pembelajaran Ekonomi adalah kurang lengkapnya alat-alat dan bahan, frekuensi penggunaan yang masih rendah, belum adanya jadwal penggunaan laboratorium, kondwasi laboratorium yang masih kurang nyaman, serta aksesnya yang terlalu tinggi. Sedangkan hambatan penggunaan Laboratorium Praktik Bisnis adalah peralatan dan perlengkapan yang ada beberapa mengalami kerusakan dan masih kurang lengkap, seta kurang luasnya ruang laboratorium. Kata kunci: Laboratorium Pembelajaran Ekonomi, Laboratorium Praktik Bisnis, Efektivitas Penggunaan Laboratorium ABSTRACT Immas Pramesti. K7413081. EFFECTIVENESS OF ECONOMIC EDUCATION LABORATORY AND BUSINESS LABORATORY IN ECONOMICS EDUCATION DEPARTMENT, TEACHER TRAINING AND EDUCATION FACULTY, SEBELAS MARET UNIVERSITY, SURAKARTA. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, January 2018. The research was aimed to explain the implementation, effectiveness, and obstacles to use Economic Education Laboratory and Business Laboratory in Economics Education Department. The result of this research can be as evaluation in use of laboratory in Economics Education Department and can be a reference for schools or other department in use of laboratory. This research was used qualitative method with approach a case study. The research was used primary and secondary data. Primary data consisted of interview and questionnaire, secondary data consisted of documents or data obtained indirectly. Data were collected by interview, questionnaire, observation, and documentation. Technique sampling of this research used purposive sampling and snowball sampling. Validity of data used credibility and dependability. Analysis data consisted of three phases as data reduction, data display, and verification. The results of research show that: First, Economic Education Laboratory was used just for lecture Macro Economy, Business Laboratory was used regular (Monday until Friday). Second, the used of Economic Education Laboratory was categorized as a less effective (55%), consisted of the indicators result, namely: (1) frequency of used laboratory was categorized as ineffective (39,17%), (2) completeness tools and materials in the laboratory was categorized as a less effective (55%), (3) conformity matter with an instrument available in the laboratory was categorized as a quite effective (64,58%), (4) allocation of time for practice was categorized as a quite effective (67,08%). Effectivness of Business Laboratory was categorized as a effective (82,08%), consisted of the indicators result, namely: (1) frequency of used laboratory was categorized as a very effective (97,50%), (2) completeness tools and materials in the laboratory was categorized as a effective (69,17%), (3) conformity matter with an instrument available in the laboratory was categorized as a effective (73,75%), (4) allocation of time for practice was categorized as a very effective (87,92%). Third, obstacles for used Economic Education Laboratory was lack of appropriate tools and material, the frequency that remain low, there was no schedule for the use of laboratory, condition of the laboratory was less comfortable, and its accesses too high. The obstacles for used of Business Laboratory was equipment and supplies there was several damaged and less full, as well as less wide extent of space laboratory. Keywords: Economic Education Laboratory, Business Laboratory, Effectiveness of Laboratory

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 25 May 2018 19:39
    Last Modified: 25 May 2018 19:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41220

    Actions (login required)

    View Item