Transparansi dan Responsivitas dalam Pembuatan Surat Izin Mengemudi (Studi Kasus di Satuan Lalu Lintas Polres Karanganyar)

S, Harry Fernando (2018) Transparansi dan Responsivitas dalam Pembuatan Surat Izin Mengemudi (Studi Kasus di Satuan Lalu Lintas Polres Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (104Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Harry Fernando Supriyadi, D0113042, “Transparansi dan Responsivitas dalam Pembuatan Surat Izin Mengemudi (Studi Kasus di Satuan Lalu Lintas Polres Karanganyar)”, Skripsi, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2018. Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) merupakan salah satu aparatur negara yang memiliki tugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Fungsi lain dari kepolisian Indonesia adalah memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat yaitu menerbitkan SIM (Surat Izin Mengemudi) dalam bidang lalu lintas salah satunya Satlantas Polres Karanganyar yang ada di Kabupaten Karanganyar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui transparansi dan responsivitas dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi di Satlantas Polres Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan sumber data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling dan accidental sampling. Data diperoleh menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif milik Miles dan Huberman. Penelitian ini menggunakan indikator transparansi milik Dwiyanto dan responsivitas milik Siagian. Hasil penelitian transparansi dan responsivitas dalam pembuatan SIM di Satlantas Polres Karanganyar menunjukkan bahwa proses penyelenggaraan pembuatan SIM telah berjalan dengan cukup baik, dibuktikan dengan adanya keterbukaan dari segi informasi persyaratan, biaya, dan prosedur yang mudah diperoleh di Satlantas. Adanya interaksi petugas kepada masyarakat, ketersediaan website resmi yang bisa diakses dan keberadaan petugas piket memberikan akses kemudahan yang maksimal terkait segala sesuatu yang berhubungan denagn proses pembuatan SIM. Selain itu, petugas dalam memberikan layanan selalu dalam kondisi yang prima ketika merespon para pemohon SIM. Begitu pula saat menghadapi masalah, selain disediakan ruang aduan pihak Satlantas selalu berusaha memberikan alternatif solusi yang berguna untuk masyarakat ketika mendapat masalah yang tidak bisa dipecahkan dengan prosedur yang ada. Disisi lain, dalam proses pelayanannya masih kurang maksimal seperti durasi waktu yang tidak dicantumkan oleh pihak Satlantas Polres Karanganyar yang dapat menimbulkan persepsi buruk terhadap waktu pelayanan yang dirasa lama oleh petugas, jumlah petugas pembuat SIM sangat terbatas yakni hanya berjumlah 12 orang tentu sangat banyak menyita waktu proses pemberian pelayanan, keterlambatan material SIM yang datang dari kantor pusat sehingga mengharuskan masyarakat menggunakan SIM sementara dan penumpukan SIM yang sudah dicetak digudang penyimpanan karena tidak segera diambil oleh masyarakat yang membuat SIM. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Responsivitas, Transparansi, Surat Izin Mengemudi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 25 May 2018 19:31
    Last Modified: 25 May 2018 19:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41219

    Actions (login required)

    View Item