UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-20 MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL TUNGGULSARI SURAKARTA

ALFIA, GOLDINA NOOR (2018) UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-20 MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL TUNGGULSARI SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (132Kb)

    Abstract

    ABSTRAK:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 dengan media gambar melalui metode demonstrasi pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Tunggulsari Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Tunggulsari Surakarta yang berjumlah 32 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif digunakan untuk data kuantitatif, yaitu membandingkan hasil antar siklus dan analisis kritis berkaitan dengan data kualitatif, yakni mencakup kegiatan untuk mengungkap kelemahan dan kelebihan kinerja guru dan kemampuan anak dalam proses pembelajaran mengenal lambang bilangan 1- 20. Target indikator ketercapaian pada penelitian ini sebesar 75%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 pada setiap siklus. Ketuntasan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 pada pra tindakan sejumlah 9 anak atau 28,12%. Pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi 20 anak atau 62,50%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan menjadi 27 anak atau 84,38%. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan anak mampu mengenal lambang bilangan dengan media gambar sesuai dengan gagasannya dari menyebutkan lambang bilangan, mengurutkan lambang bilangan untuk menghitung, dan mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Kata Kunci: kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20, metode demonstrasi, media gambar, anak usiadini. ABSTRACT: This study aims to improve the ability to recognize the symbol of numbers 1-20 with the media images through demonstration methods in children group B TK Aisyiyah Bustanul Tunggulsari Surakarta academic year 2017/2018. This research is a Classroom Action Research (PTK) which is implemented in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation, reflection. The subjects of this study were the children of B TK Aisyiyah Bustanul Tunggulsari Surakarta group of 32 children. Data collection techniques through observation, interview, documentation, and performance test. Data validity using triangulation of sources and triangulation techniques. Data analysis using comparative descriptive analysis is used for quantitative data, that is comparing the results between the cycles and critical analysis related to the qualitative data, which includes activities to reveal weaknesses and the advantages of teacher performance and the ability of children in the learning process to recognize the symbols of numbers 1-20. This target of achievement indicators in this research is 75%. The results showed an increase in the ability to recognize the number symbols 1-20 in each cycle. The ability to recognize the ability of the number of 1-20 in the pre-action number of 9 children or 28.12%. In the first cycle of completeness increased to 20 children or 62.50%. In the second cycle obtained mastery to 27 children or 84.38%. The increase is evidenced by the child able to recognize the symbols of numbers with the media images in accordance with the idea of naming the number symbols, sorting the number symbols to calculate, And match numbers with the number symbol. Keywords: the ability to recognize the symbols of numbers 1-20, demonstration methods , media picture, early-age children.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 25 May 2018 19:20
    Last Modified: 25 May 2018 19:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41216

    Actions (login required)

    View Item