PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING TIPE PRESOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

SHALIHA, FATIHATUSH (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING TIPE PRESOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (936Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Posing tipe Presolution Posing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA pada pembelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent control group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIA Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 melibatkan 180 siswa. Sampel penelitian yang digunakan diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas X MIA 3 yang terdiri atas 26 siswa sebagai kelompok kontrol menerapkan model konvensional dan kelas X MIA 2 yang terdiri atas 26 siswa sebagai kelompok eksperimen menerapkan model pembelajaran Problem Posing tipe Presolution Posing. Data kemampuan beerpikir kritis siswa diperoleh melalui tes kognitif berupa soal uraian dengan acuan indikator berpikir kritis Facione. Analisis data dan pegujian hipotesis dilakukan dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol (50,64) lebih rendah dibandingkan dengan kelas eksperimen (61,78). Indeks peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol (0,19) lebih kecil dibandingkan kelas eksperimen (0,30). Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,003 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posing tipe Presolution Posing berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, problem posing tipe presolution posing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 25 May 2018 16:30
    Last Modified: 25 May 2018 16:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41213

    Actions (login required)

    View Item