UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA KELOMPOK A TK WIDYA PUTRA DWP UNS TAHUN AJARAN 2016/2017

MURYANI, ASIH (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA KELOMPOK A TK WIDYA PUTRA DWP UNS TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (123Kb)

    Abstract

    UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) PADA KELOMPOK A TK WIDYA PUTRA DHARMA WANITA PERSATUAN UNS KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017 Asih Muryani1), Ruli Hafidah1), Adriani Rahma Pudyaningtyas1) 1Program Studi PG PAUD Universitas Sebelas Maret 2Program Studi PGSD Universitas Sebelas Maret E-mail:1)asih.imamprabowo@gmail.com,1)ruli_hafidah@yahoo.com, 1)rinz_sweetz@yahoo.com ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menganal lambang bilangan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe number heads together (NHT) pada kelompok A TK Widya Putra Dharma Wanita Persatuan UNS Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Widya Putra Dharma Wanita Persatuan UNS Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi informan yaitu guru dan anak. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes yang berupa unjuk kerja dan lembar kerja anak (LKA). Validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Analisis data kuantitaif yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan Analisis data kualitatif yang digunakan adalah deskriptif interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan anak dalam mengenal lambang bilangan melalui model pembelajaran kooperatif tipe number heads together (NHT) dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peneltian ini menunjukkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal mengenal lambang bilangan 50% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal mengenal lambang bilangan 83,33%. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak dalam menunjukkan lambang bilangan, menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan gambar/benda, dan mengurutkan urutan lambang bilangan. Kata kunci: mengenal lambang bilangan, cooperative learning, number heads together (NHT) ABSTRACT This research was aimed to improve the ability of identifying numbers using cooperative learning type number heads together (NHT) in group A TK Widya Putra Dharma Wanita Persatuan UNS Karanganyar in academic year 2016/2017. This research used qualitative and quantitative approach. The research design was Classroom Action Research (CAR) that is explained by Arikunto. It was conducted in 2 cycles. Each cycle consists of planning, action, observation and reflection. The subjects of this research were the 12 students of group A TK Widya Putra Dharma Wanita Persatuan UNS Karanganyar Kindergarten in academic year 2016/2017. They were 6 boys and 6 girls. The data resources of this research were the informant that consists of teachers and students. The techniques of collecting data were conducted through observation, interviews, documentations and tests in the form of performance and child worksheet . The validity of qualitative data used triangulation of sources and triangulation techniques. The validity of quantitative data used construct validity. The analyzed of quantitative data used descriptive comparative and analyzed qualitative data used descriptive interactive. The result of the research showed that there were students’ improvements in ability of identifying numbers by cooperative learning type NHT from pre-research to cycle I and from cycle I to cycle II. This study showed that increased the ability of identifying numbers of the first cycle gains 50% and in cycle II gains 83.33%. Based on the description above, it could be concluded that through cooperative learning number heads together (NHT) type could improve the students’ ability of identifying numbers in group A TK Widya Putra Dharma Wanita Persatuan UNS Karanganyar in academic year 2016/2017. Key words: identifying numbers, cooperative learning, number heads together (NHT)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 25 May 2018 16:24
    Last Modified: 25 May 2018 16:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41211

    Actions (login required)

    View Item