INTERPRETASI ALASAN SUAMI MENGAJUKAN IZIN BERISTRI LEBIH DARI SATU (POLIGAMI) BERDASARKAN PASAL 4 UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN

Savitry, Allysa Arum (2018) INTERPRETASI ALASAN SUAMI MENGAJUKAN IZIN BERISTRI LEBIH DARI SATU (POLIGAMI) BERDASARKAN PASAL 4 UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (269Kb)

    Abstract

    ALLYSA ARUM SAVITRY, E0014019, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA, INTERPRETASI ALASAN SUAMI MENGAJUKAN IZIN BERISTRI LEBIH DARI SATU (POLIGAMI) BERDASARKAN PASAL 4 UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN. Poligami merupakan salah satu persoalan dalam perkawinan. Biarpun Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan menganut asas monogami, tetapi untuk kondisi dan situasi tertentu, poligami diperbolehkan dengan syarat-syarat tertentu dan izin dari pengadilan agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hakim menginterpretasikan alasan-alasan yang diajukan suami dalam hal mengajukan izin beristri lebih dari satu (poligami) berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan untuk mengetahui bagaimana kesesuaian alasan poligami yang diajukan oleh suami dengan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, masih ada suami yang mengajukan izin poligami tidaklah berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, tetapi hakim tetap mengabulkan permohonan tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam memutus suatu perkara poligami, hakim tidak selalu mempertimbangkan alasan yang terdapat di dalam Pasal 4 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Apabila di dalam alasan tersebut terdapat nilai Ibadah dan/atau nilai sosial untuk menolong dan membantu, maka akan tetap dikabulkan oleh hakim, yang penting sudah mendapatkan izin dari isteri pertama dan berkemampuan baik secara finansial.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 25 May 2018 13:56
    Last Modified: 25 May 2018 13:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41204

    Actions (login required)

    View Item