PERSPEKTIF PERBANDINGAN SOSIAL PADA HARGA IPO (Studi pada Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)

HENDRAWAN, AHMAD (2018) PERSPEKTIF PERBANDINGAN SOSIAL PADA HARGA IPO (Studi pada Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (284Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PERSPEKTIF PERBANDINGAN SOSIAL PADA HARGA IPO (Studi pada Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016) Oleh AHMAD HENDRAWAN F1215004 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris pengaruh Price to Earning dan Price to Book perusahaan yang IPO terlebih dahulu terhadap harga IPO. Variabel kontrol dalam penelitian ini menggunakan Pertumbuhan Sektor Industri. Penelitian ini menggunakan metode regresi berganda (multiple regression). Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini merupakan perusahaan-perusahaan yang melakukan IPO pada bulan Januari 2012 sampai dengan bulan Desember 2016. Berdasarkan kriteria tersebut diperoleh sampel sebanyak 85 perusahaan. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa Price to Earning dan Price to Book tiga perusahaan sejenis yang IPO terlebih dahulu berpengaruh signifikan terhadap harga IPO. Untuk memprediksi harga IPO perusahaan harus memperhatikan nilai PE dan PB perusahaan sejenis yang IPO terlebih dahulu. Selain itu, sebelum melakukan pembelian saham IPO, investor harus memperhatikan PE dan PB perusahaan sejenis yang IPO terlebih dahulu apakah harga IPO lebih tinggi atau lebih rendah dari perusahaan sejenis yang IPO terlebih dahulu. Kata kunci : Price to Earning, Price to Book, harga IPO

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
    Depositing User: Ratri Dwi Saputri
    Date Deposited: 25 May 2018 13:36
    Last Modified: 25 May 2018 13:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41202

    Actions (login required)

    View Item