Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dibantu dengan Kartu Soal untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Stoikiometri Kelas X MIPA 2 Semester Genap di SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Setyorini, Apriliya Dwi (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dibantu dengan Kartu Soal untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Stoikiometri Kelas X MIPA 2 Semester Genap di SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (994Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Apriliya Dwi Setyorini. K3313010. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DIBANTU DENGAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X MIPA 2 SEMESTER GENAP DI SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Desember 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan analisis siswa kelas X MIPA 2 pada materi stoikiometri di SMA Batik 1 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving dibantu dengan kartu soal, dan (2) prestasi belajar siswa kelas X MIPA 2 pada materi stoikiometri di SMA Batik 1 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving dibantu dengan kartu soal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Problem Solving dibantu dengan kartu soal dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa kelas X MIPA 2 pada materi stoikiometri di SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I, ketercapaian kemampuan analisis sebesar 41,86% dan pada siklus II meningkat menjadi 79,07%, (2) penerapan model pembelajaran Problem Solving dibantu dengan kartu soal dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas X MIPA 2 pada materi stoikiometri di SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil tes siklus I ketercapaian aspek pengetahuan siswa sebesar 48,84% dan meningkat menjadi 83,72% pada siklus II. Ketercapaian aspek sikap pada siklus I sebesar 90,70% dan meningkat menjadi 100,00% pada siklus II. Ketercapaian aspek keterampilan sebesar 100,00% pada siklus I. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Problem Solving, Kartu Soal, Kemampuan Analisis, Prestasi Belajar, Stoikiometri

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 17 May 2018 15:12
    Last Modified: 17 May 2018 15:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41201

    Actions (login required)

    View Item