Penerapan Algoritma Pencarian Langsung pada Split Delivery Vehicle Routing Problem with Time Window (SDVRPTW) untuk Menentukan Rute Kendaraan dan Waktu yang Optimal dalam Sistem Pendistribusian Multi Barang

Ambali, Annisa (2018) Penerapan Algoritma Pencarian Langsung pada Split Delivery Vehicle Routing Problem with Time Window (SDVRPTW) untuk Menentukan Rute Kendaraan dan Waktu yang Optimal dalam Sistem Pendistribusian Multi Barang. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1730Kb)

    Abstract

    Split Delivery Vehicle Routing Problem with Time Window (SDVRPTW) adalah permasalahan rute kendaraan yang melayani sekelompok customer dengan titik awal dan akhir di depot. Kendaraan yang melayani customer harus berangkat dan tiba tidak lebih dari atau sama dengan time window agen. Sementara itu, permintaan customer boleh melebihi kapasitas angkut kendaraan, sehingga bisa dikunjungi lebih dari satu kali. Penelitian ini menyelesaikan permasalahan SDVRPTW dengan menggunakan algoritma pencarian langsung. Tujuannya adalah untuk menentukan rute kendaraan dan waktu optimal dalam sistem pendistribusian multi barang. Data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 data agen dan 4 jenis barang. Batasan waktu diterapkan untuk mencari hasil yang optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mendistribusikan barang kepada 15 agen dengan satu kendaraan diperlukan 9 rute kendaraan dalam kurun waktu 5 hari kerja.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 17 May 2018 15:07
    Last Modified: 17 May 2018 15:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41199

    Actions (login required)

    View Item