Implementasi Nilai Toleransi Khalifah Harun Al Rasyid Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas X di SMA Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2017

Fitriana, Aningtias Nur (2018) Implementasi Nilai Toleransi Khalifah Harun Al Rasyid Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas X di SMA Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (808Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Aningtias Nur Fitriana. IMPLEMENTASI NILAI TOLERANSI KHALIFAH HARUN AL RASYID DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS X DI SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pemahaman Guru SKI dan peserta didik terhadap Implementasi Nilai Toleransi Khalifah Harun Al Rasyid Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA, 2) Pelaksanaan Implementasi Nilai Toleransi Khalifah Harun Al Rasyid Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA, 3) Kendala dan Solusi Implementasi Nilai Toleransi Khalifah Harun Al Rasyid Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan juga analisis dokumen. Teknik Validitas data menggunakan teknik trianggulasi yaitu trianggulasi data dan trianggulasi metode. Sedangkan Teknik analisis datanya menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru SKI dan peserta didik dapat memahami implementasi nilai toleransi Khalifah Harun Al Rasyid dalam pembelajaran SKI. Nilai toleransi Khalifah Harun Al Rasyid yang dapat dicontoh oleh guru SKI dan peserta didik adalah menghargai antar sesama teman, menghargai antar umat beragama dan menghargai antar aliran. 2) pelaksanaan pembelajaran SKI yang mengimplementasikan nilai toleransi Khalifah Harun Al Rasyid kepada peserta didik dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran melalui 5M sesuai kurikulum 2013. Wujud nyata nilai toleransi tersebut seperti sikap peserta didik menghargai penjelasan yang diberikan oleh guru, dan sebaliknya guru menghargai pertanyaan dan jawaban yang dilontarkan oleh peserta didik, peserta didik juga saling menghargai perbedaan pendapat tentang bolehnya membaca al-qur’an pada saat haid bagi siswa perempuan pada saat kegiatan pendahuluan, peserta didik saling menghargai pendapat antar kelompok belajar pada kegiatan presentasi di kelas, adanya sikap tenggang rasa antara guru dengan peserta didik dan peserta didik dengan peserta didik lainnya mengenai tahlilan pada kegiatan di luar kelas/sekolah/masyarakat. Penyampaian nilai toleransi selain dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di kelas juga didukung dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka, PMR atau yang lain. 3) kendala dan solusi implementasi nilai toleransi dalam pembelajaran SKI di SMA Al Islam 1 SKA antara lain a) kendala pertama kurangnya alokasi waktu diatasi dengan pengadaan tambahan kegiatan ekstrakurikuler b) kendala kedua kurangnya sumber belajar diatasi dengan penambahan sumber belajar melalui internet dan penyediaan buku perpustakaan yang berkaitan dengan nilai toleransi c) kendala ketiga faktor kompetensi guru diatasi dengan peningkatan kompetensi guru melalui diklat d) kendala keempat faktor dari peserta didik diatasi dengan pengontrolan sikap peserta didik melalui kerjasama antara pihak sekolah dengan orang tua. Kata Kunci: nilai toleransi, Khalifah Harun Al Rasyid, pemahaman SKI, pembelajaran SKI. ABSTRACT Aningtias Nur Fitriana. THE IMPLEMENTATION VALUES OF TOLERANCE CALIPH’S HARUN AL RASYID IN TEACHING-LEARNING BACKGROUND ISLAMIC CULTURE GRADE X AT SENIOR HIGH SCHOOL AL ISLAM 1 SURAKARTA. Research Paper, Faculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University of Surakarta, August 2017. The purpose of this study was to know: 1) The Comprehension of implementation values of tolerance Caliph’s Harun Al Rasyid in teaching-learning background Islamic culture grade X at SENIOR HIGH SCHOOL AL ISLAM 1 SURAKARTA, 2) Implementation values of tolerance Caliph’s Harun Al Rasyid in teaching learning background Islamic culture grade X at SENIOR HIGH SCHOOL AL ISLAM 1 SURAKARTA, 3) The major problem implementation values of tolerance Caliph’s Harun Al Rasyid in teaching learning background Islamic culture grade X at SENIOR HIGH SCHOOL AL ISLAM 1 SURAKARTA. The type of this research was a qualitative approach. The major data source was Islamic education teachers and students. The technique of the data collection was interview, observation and analysis of the data source. The validity data this research used triangulation data and triangulation method. The technique method used analysis interactive. The result of this research reveal that: 1) The teachers and students had been comprehend values of tolerance in teaching-learning background Islamic culture. The values of tolerance Caliph Harun Al Rasyid’s who can be pattern by teachers and students was appreciate each other, appreciate diversity religion and appreciate pluralism. Teaching-learning background Islamic culture have correlation toward values of tolerance at lesson plan based on curriculum regulation 2013. The values of tolerance done by students who appreciate each other, appreciate diversity religion and appreciate pluralism. 2) Implementation values of tolerance Caliph Harun Al Rasyid’s to students be implemented of study activity through 5M based on curriculum 2013. The real condition values of tolerance Caliph Harun Al Rasyid’s such as student’s attitude appreciate learned by teacher and on the contrary, the teachers appreciate answer-question by students, appreciate difference opinion about permitted read Qur’an at menstruation time toward students girl in introduction activity, the students appreciate opinion between group learner presentation activity in the classroom and tolerance attitude between teachers and students or students each other about recitation of Islam in society. To convey values of tolerance through learning activity in the classroom, to carry out into extracurricular activity, such as Scout, Junior Red Cross Youth, etc. 3) The major problem and problem solving to implementation values of tolerance in teaching learning background Islamic culture in Senior High School Al Islam 1 Surakarta, a) the first problem less-time allocation had done by extracullicular activity b) the second problem less-source learning had done by source learning through Internet and c) the third problem was teacher competency had be done by improving teachers competency through training d) the fourth problem was students had be done by control students attitude through cooperative among teachers and parents. Keywords: the values of tolerance, Caliph Harun Al Rasyid’s, comprehension of background Islamic culture.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 17 May 2018 15:04
    Last Modified: 17 May 2018 15:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41198

    Actions (login required)

    View Item