ANALISA PENGARUH KECEPATAN PENGADUKAN DAN TEMPERATUR TUANG PADA ALUMINIUM MATRIX COMPOSITES DARI REMELTING PISTON DENGAN METODE STIR CASTING

ARMANSYAH, ANDRI (2018) ANALISA PENGARUH KECEPATAN PENGADUKAN DAN TEMPERATUR TUANG PADA ALUMINIUM MATRIX COMPOSITES DARI REMELTING PISTON DENGAN METODE STIR CASTING. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (779Kb)

    Abstract

    Aluminium Matrix Composites (AMC) merupakan jenis material yang dapat dikembangkan untuk menciptakan material baru yang lebih baik dari material sebelumnya. AMC secara luas digunakan untuk aplikasi kinerja tinggi seperti industri otomotif, militer dan kedirgantaraan karena memiliki sifat fisis dan mekanis yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecepatan pengadukan dan temperatur tuang pada AMC berpenguat pasir silika dengan bahan tambah magnesium terhadap nilai densitas, kekuatan bending dan SEM. Proses fabrikasi komposit menggunakan metode stir casting dengan variasi kecepatan pengadukan 300, 400 dan 500 rpm selama 5 menit pada temperatur 650oC dan menggunakan variasi temperatur tuang 700, 725 dan 750oC. Fraksi volume dari pasir silika yang digunakan sebesar 9% dan penambahan magnesium sebesar 2,5%. Dari pengujian densitas, bending dan SEM, nilai terbaik didapatkan pada parameter kecepatan pengadukan 400 rpm dengan temperatur tuang 725oC.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 17 May 2018 14:54
    Last Modified: 17 May 2018 14:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41195

    Actions (login required)

    View Item