EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI KREATIVITAS SISW KELAS VIII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nurafifaeni, Aliefah (2018) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI KREATIVITAS SISW KELAS VIII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (702Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Aliefah Nurafifaeni. K1313003. EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Januari 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Mind Mapping atau pembelajaran langsung pada materi fungsi; (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang memiliki tingkatan kreativitas tinggi, sedang atau rendah; (3) pada masing-masing tingkatan kreativitas siswa, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Mind Mapping atau pembelajaran langsung pada materi fungsi; (4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa yang mempunyai tingkatan kreativitas tinggi, sedang atau rendah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 250 siswa yang terbagi kedalam 8 kelas. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas dengan jumlah total siswa kedua kelas tersebut adalah 78 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 16 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai Ulangan Harian materi Aljabar, metode angket untuk data kreativitas siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi fungsi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Untuk persyaratan analisis, yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran STAD dengan Mind Mapping memberikan prestasi belajar yang sama dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran langsung pada materi fungsi; (2) siswa dengan tingkat kreativitas tinggi memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan tingkat kreativitas sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan tingkat kreativitas sedang memberikan prestasi belajar sama dengan siswa dengan tingkat kreativitas rendah pada materi fungsi; (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan tingkat kreativitas tinggi memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan tingkat kreativitas sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan tingkat kreativitas sedang memberikan prestasi belajar sama dengan siswa dengan tingkat kreativitas rendah pada materi fungsi; (4) pada masing-masing kategori kreativitas siswa yaitu tinggi, sedang, dan rendah, Siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran STAD dengan Mind Mapping memberikan prestasi belajar yang sama dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran langsung pada materi fungsi. Kata kunci : Student Teams Achievement Division (STAD), Mind Mapping, kreativitas, fungsi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 17 May 2018 13:46
    Last Modified: 17 May 2018 13:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41189

    Actions (login required)

    View Item