Peningkatan Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa Kelas X pada Pembelajaran Biologi melalui Penerapan Problem Based Learning

NUR, KHILYATUN ULIN (2018) Peningkatan Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa Kelas X pada Pembelajaran Biologi melalui Penerapan Problem Based Learning. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (948Kb)

    Abstract

    Khilyatun Ulin Nur. K4313041. PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA KELAS X PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah siswa kelas X pada pembelajaran biologi melalui penerapan Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian tiap siklus terdiri dari planning, acting, observing, dan reflection. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa dengan keterampilan komunikasi ilmiah yang rendah. Data penelitian berupa data keterlaksanaan sintak PBL dan keercapaian keterampilan komunikasi ilmiah. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi ilmiah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kartasura pada pembelajaran biologi mengalami peningkatan melalui penerapan PBL. Enam aspek dalam keterampilan komunikasi ilmiah yang meliputi information retrieval, scientific reading, listening and observing, scientific writing, information representation, dan knowledge presentation mengalami peningkatan sebagai dampak positif dari penerapan tiap sintak PBL. Simpulan penelitian ini adalah keterampilan komunikasi siswa kelas X pada pembelajaran biologi dapat meningkat melalui penerapan Problem Based Learning. Kata Kunci : komunikasi ilmiah, komunikasi lisan, menulis ilmiah, Problem Based Learning, pembelajaran biologi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 17 May 2018 09:35
    Last Modified: 17 May 2018 09:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41173

    Actions (login required)

    View Item