Analisis Dinamik Riwayat Waktu Nonlinier Skew Bridge

Abidin, Zainal (2018) Analisis Dinamik Riwayat Waktu Nonlinier Skew Bridge. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (661Kb)

    Abstract

    Abidin, Zainal, 2018. Analisis Dinamik Riwayat Waktu Nonlinier Skew Bridge. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Skew bridge sering diterapkan dalam perencanaan jembatan karena adanya kendala seperti terbatasnya ruang atau kondisi rintangan. Para insinyur sering mendesain skew bridge di kota-kota besar karena kondisi ruangnya yang terbatas akibat tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. Skew bridge juga harus memiliki ketahanan yang baik terhadap gempa. Banyak peneliti menyimpulkan bahwa saat terjadi gempa besar, sebagian material struktur telah mengalami deformasi plastis sehingga menyebabkan struktur berperilaku nonlinier, dengan begitu analisis dinamik nonlinier dilakukan pada penelitian ini. Metode penelitian diawali dengan membuat pemodelan 3 dimensi struktur jembatan skew bridge yang mengacu pada 2 bentang utama jembatan jalan tol Solo Kertosono sta 108+666 di kota Madiun. Langkah selanjutnya yaitu menganalisis pembebanan yang terdiri dari beban statis dan beban dinamis. Beban dinamis menggunakan beban gempa yang dianalisis dengan metode riwayat waktu berdasarkan 3 rekaman gempa yaitu gempa Park Field (USA, 1966), San Fernando (USA, 1971), dan Kobe (Jepang, 1995). Salah satu hasil analisis pada penelitian ini berupa respon histeretik pada pilar jembatan. Respon histeretik digunakan untuk menganalisis respon nonlinier dengan menghitung nilai kekakuan dan menganalisis kondisi struktur pilar pada setiap siklus beban gempa. Beban gempa diperbesar 2 kali untuk membantu perhitungan analisis respon nonlinier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua rekaman gempa menghasilkan respon displacement dengan drift ratio kurang dari 0,5%. Hasil analisis nonlinier menunjukkan bahwa respon struktur pada siklus ke-2 sampai akhir pembebanan sudah bersifat nonlinier. Penyebab utama terjadinya nonlinieritas respon struktur jembatan diakibatkan terjadinya cracking pada material beton. Kata Kunci : Skew bridge, Respon spektra, Riwayat waktu, Respon nonlinier

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    T Technology > TG Bridge engineering
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 17 May 2018 09:31
    Last Modified: 17 May 2018 09:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41172

    Actions (login required)

    View Item