PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN BERBAHASA JAWA MELALUI METODE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Dewi, Yenni Mustika (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN BERBAHASA JAWA MELALUI METODE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (214Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yenni Mustika Dewi. K4213076.PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN BERBAHASA JAWA MELALUIMETODE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUALPADA SISWA KELAS XI BAHASASMA NEGERI 1 SUKOHARJOTAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi. Falkultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Desember 2017. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis teks iklan berbahasa Jawa; dan (2) keterampilan menulis teks iklan berbahasa jawa melalui metode Think Talk Write(TTW) dengan menggunakan media visual pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Sukoharjo Penelitian tindakan kelas ini dilakukandalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data yang digunakan berupa observasi, analisis dokumen, wawancara, dan pemberian tugas/tes. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif dan analisis kritis Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa melalui metode Think Talk Write (TTW) dengan menggunakan media visual dapat meningkatkan: (1) keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis teks iklan berbahasa Jawa; dan (2) keterampilan menulis teks iklan berbahasa Jawa. Keaktifan siswa pada siklus I mengalami peningkatan dengan persentase keaktifan bertanya sebesar 69,23% yaitu sebanyak 18 siswa, keaktifan menjawab sebesar 73,07% yaitu sebanyak 19 siswa dan keaktifan berpendapat sebesar 53,84% yaitu sebanyak 14 siswa. Siklus II dengan persentase keaktifan bertanya sebesar 84,61% yaitu sebanyak 22 siswa, keaktifan menjawab sebesar 76,92% yaitu sebanyak 20 siswa, dan keaktifan berpendapat sebesar 76,92% yaitu sebanyak 20 siswa.Hasil pembelajaran keterampilanmenulis teks iklan berbahasa Jawa pada siklus I yaitu 16 siswa (61,53%) tuntas dan 10 siswa (38,46%) belum tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 23 siswa (88,46%) tuntas dan 3 siswa (11,53%) belum tuntas. Kata Kunci: keterampilan menulis teks iklan berbahasa Jawa, metode pembelajaran Think Talk Write (TTW), dan media visual.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 17 May 2018 08:44
    Last Modified: 17 May 2018 08:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41160

    Actions (login required)

    View Item