ANALISIS KESALAHAN PENERAPAN HUKUM DALAM MENILAI ALAT BUKTI OLEH JUDEX FACTI DAN PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG MEMUTUS PERKARA PENIPUAN (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 960 K/Pid/2016)

Desiani, Wima Lucky (2018) ANALISIS KESALAHAN PENERAPAN HUKUM DALAM MENILAI ALAT BUKTI OLEH JUDEX FACTI DAN PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG MEMUTUS PERKARA PENIPUAN (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 960 K/Pid/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (752Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Wima Lucky Desiani. 2018. E0014421. ANALISIS KESALAHAN PENERAPAN HUKUM DALAM MENILAI ALAT BUKTI OLEH JUDEX FACTI DAN PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG MEMUTUS PERKARA PENIPUAN (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 960 K/Pid/2016). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian Pasal 253 KUHAP dengan kesalahan penerapan hukum dalam menilai alat bukti oleh judex facti mempertimbangkan unsur pidana penipuan dinilai sebagai wanprestasi dan kesesuaian Pasal 256 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP dengan pertimbangan Hakim mengabulkan permohonan Kasasi Penuntut Umum dan menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa dalam perkara penipuan. Penelitian hukum ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif atau terapan dengan pendakatan studi kasus. Sumber bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan hukumprimer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan penulis adalah studi dokumen atau studi kepustakaan. Teknik analisis bahan hukum dalam penelitian ini bersifat deduksi dengan metode silogisme. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menghasilkan simpulan bahwakesalahan penerapan hukum dalam menilai alat bukti oleh judex facti mempertimbangkan unsur pidana penipuan dinilai sebagai wanprestasi sebagai alasan Kasasi Penuntut Umum telah sesuai dengan Pasal 253 KUHAP. Kemudian pertimbangan Hakim mengabulkan permohonan Kasasi penuntut mum dan menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa dalam perkara penipuan juga telah sesuai dengan ketentuan Pasal 256 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP. Kata Kunci : Kasasi, Judex Facti, Mahkamah Agung, Penipuan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    K Law > KZ Law of Nations
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 17 May 2018 08:20
    Last Modified: 17 May 2018 08:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41153

    Actions (login required)

    View Item