PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MODUL DILENGKAPI PENUGASAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X MIPA SEMESTER GENAP SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

AYUNINGTYAS, RAHMA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MODUL DILENGKAPI PENUGASAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X MIPA SEMESTER GENAP SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (764Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rahma Ayuningtyas. K3313056. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MODUL DILENGKAPI PENUGASAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X MIPA SEMESTER GENAP SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. SKRIPSI. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) prestasi belajar pada materi konsep mol siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 dengan penerapan model belajar discovery learning menggunakan modul dilengkapi mind mapping. (2) kreativitas pada materi konsep mol siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 dengan penerapan model belajar discovery learning menggunakan modul dilengkapi mind mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran discovery learning menggunakan modul dilengkapi mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi konsep mol kelas X MIPA 3 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini prestasi belajar mencakup tiga aspek yaitu, kognitif, afektif, dan keterampilan. Persentase prestasi belajar kognitif pada siklus I sebesar 34% meningkat menjadi 66% pada siklus II. Persentase prestasi belajar aspek afektif pada siklus I adalah 100%. Serta persentase belajar aspek keterampilan pada siklus I adalah 100%.(2) penerapan model pembelajaran discovery learning menggunakan modul dilengkapi mind mapping dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep mol. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase kreativitas siswa kategori tinggi 47% dan meningkat menjadi 78% pada siklus II. Kata Kunci : Discovery Learning, modul, mind mapping, prestasi belajar, kreativitas, konsep mol.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 16 May 2018 18:34
    Last Modified: 16 May 2018 18:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41151

    Actions (login required)

    View Item