Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Tipe Send A Problem Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi ( Materi Manusia dan Lingkungan dalam Dinamika Hidrosfer Kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Teras, Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/ 2015)

S, PRABOWO SUGENG (2018) Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Tipe Send A Problem Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi ( Materi Manusia dan Lingkungan dalam Dinamika Hidrosfer Kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Teras, Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/ 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (811Kb)

    Abstract

    Prabowo Sugeng Setiawan. K5411049. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE SEND A PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI (Materi Interaksi Manusia dan Lingkungan dalam Dinamika Hidrosfer Kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Teras, Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Desember 2017. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui peningkatan motivasi pembelajaran geografi melalui penerapan model kolaboratif tipe send a problem pada materi interaksi manusia dan lingkungan dalam dinamika hidrosfer kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2014/2015. 2) Mengetahui peningkatan hasil pembelajaran geografi melalui penerapan model kolaboratif tipe send a problem pada materi interaksi manusia dan lingkungan dalam dinamika hidrosfer kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian diaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X IIS 4 semester genap SMA Negeri 1 Teras Boyolali tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 32 peserta didik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: (1) Lembar observasi dan angket untuk mengukur motivasi belajar peserta didik (2) Tes untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Validitas instrumen yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Adanya peningkatan motivasi belajar pada peserta didik terlihat persentase motivasi belajar siklus I sebesar 68,75% meningkat 12,50% pada siklus II menjadi 81,25% sehingga dapat mencapai target ketercapaian. 2) Adanya peningkatan hasil belajar pada peserta didik terlihat dari persentase hasil belajar siklus I sebesar 65,625% meningkat 18,745% pada siklus II menjadi 84,375% sehingga dapat mencapai target ketercapaian. Simpulan dalam penelitian ini adalah : 1) penerapan pembelajaran kolaboratif tipe send a problem dapat meningkatkan motivasi belajar geografi (materi interaksi manusia dan lingkungan dalam dinamika hidrosfer kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Teras, Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2014/2015). 2) penerapan pembelajaran kolaboratif tipe send a problem dapat meningkatkan hasil belajar geografi (materi interaksi manusia dan lingkungan dalam dinamika hidrosfer kelas X IIS 4 SMA Negeri 1 Teras, Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2014/2015).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 16 May 2018 11:47
    Last Modified: 16 May 2018 11:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41131

    Actions (login required)

    View Item