Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan Media Virtual dan Riil ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Gerak Harmonis Sederhana MAN 1 Surakarta

LABIBAH, ASY SYIFA (2018) Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan Media Virtual dan Riil ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Gerak Harmonis Sederhana MAN 1 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (368Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah: (1) mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara pendekatan konstruktivisme menggunakan media virtual dan media riil terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 pada materi Gerak Harmonis Sederhana, (2) mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara motivasi belajar tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa kelas X MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 pada materi Gerak Harmonis Sederhana, (3) mengetahui ada atau tidak adanya interaksi pengaruh antara pendekatan konstruktivisme melalui media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 pada materi Gerak Harmonis Sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA 2 dan kelas X MIA 3. Pengumpulan data dilakukan dengan kajian dokumen, angket dan tes. Analisis data menggunakan uji anava dua jalan dengan isi sel tak sama kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda metode Scheffe dengan taraf signifikansi 0,05. Simpulan dari penelitian eksperimen ini adalah: (1) tidak ada perbedaan pengaruh antara pendekatan konstruktivisme menggunakan media virtual dan media rill terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 pada materi Gerak Harmonis Sederhana, (2) ada perbedaan pengaruh antara motivasi belajar tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 pada materi Gerak Harmonis Sederhana, (3) Tidak ada interaksi pengaruh pembelajaran Fisika dengan pendekatan konstruktivisme melalui media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 pada materi Gerak Harmonis Sederhana. Kata Kunci : Pendekatan Konstruktivisme, Media Virtual, Media Riil, Motivasi Belajar, Kemampuan Kognitif Fisika Siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 16 May 2018 11:27
    Last Modified: 16 May 2018 11:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41128

    Actions (login required)

    View Item