PENGARUH PEMILIHAN FEED RATE TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN MATERIAL POLISTIRENA PADA PROSES HIGH SPEED MILLING PC-BASED CNC

Susetio, Albertus Novan (2018) PENGARUH PEMILIHAN FEED RATE TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN MATERIAL POLISTIRENA PADA PROSES HIGH SPEED MILLING PC-BASED CNC. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1856Kb)

    Abstract

    Teknologi komputer saat ini mengalami kemajuan yang pesat. Salah satu teknologi komputer yaitu PC-Based CNC adalah teknologi yang diaplikasikan pada alat-alat perkakas yaitu pada mesin milling. Mesin PC Based CNC memiliki dimensi pengerjaan yang luas sehingga dapat berfungsi dengan baik ketika digunakan untuk pembuatan mock-up yang notabene juga memiliki dimensi yang luas. Dalam penelitian ini penulis mengaplikasikan PC Based CNC menggunakan material polistirena. Material polistirena memiliki sifat lunak sehingga mudah diproses. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh proses milling pada PC-Based CNC terhadap kekasaran pemukaan. Feed rate yang digunakan 400mm/min, 800mm/min, 1200mm/min. Pengambilan data visual dilakukan menggunakan kamera dan lensa makro. Hasil penelitian ini menunjukkan pemilihan feed rate yang tinggi memiliki nilai kekasaran permukaan yang tinggi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 15 May 2018 15:37
    Last Modified: 15 May 2018 15:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41115

    Actions (login required)

    View Item