UPAYA PENINGKATAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI (TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION) MENGGUNAKAN MEDIA MODUL DI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017

Rahmadheanti, Afifah Naufalia (2018) UPAYA PENINGKATAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI (TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION) MENGGUNAKAN MEDIA MODUL DI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (680Kb)

    Abstract

    Afifah Naufalia Rahmadheanti. K3313002. UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 PADA MATERI HIDROLISIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAI (TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION) MENGGUNAKAN MEDIA MODUL DI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Desember 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) menggunakan media modul pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017.Data diperoleh dari observasi, angket, tes dan wawancara.Untuk validitas penelitian menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) menggunakan media modul pada materi Hidrolisis dapat meningkatkan kerja sama dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari penelitian menunjukkan bahwa capaian persentase kerja sama siswa sebesar 86% pada siklus I dan 94% pada siklus II. Persentase capaian aspek afektif siswa pada siklus I sebesar 89% dan pada siklus II sebesar 92%.Aspek kognitif siswa siklus I sebesar 53%, pada siklus II sebesar 78%, serta prestasi belajar pada aspek psikomotor sebesar 87%. Kata Kunci: Teams Assisted Individualization (TAI), Modul, Kerja Sama Siswa, Prestasi Belajar, Hidrolisis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 15 May 2018 15:16
    Last Modified: 15 May 2018 15:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41109

    Actions (login required)

    View Item