INTELLIGENT TUTORING SYSTEM (ITS) DENGAN MENGGUNAKAN ONTOLOGI DAN CASE-BASED REASONING (CBR) UNTUK PEMBELAJARAN SERTIFIKASI JAVA

Wibowo, Aditya Luky (2018) INTELLIGENT TUTORING SYSTEM (ITS) DENGAN MENGGUNAKAN ONTOLOGI DAN CASE-BASED REASONING (CBR) UNTUK PEMBELAJARAN SERTIFIKASI JAVA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Berbagai pendidikan melalui pembelajaran yang berbasiskan teknologi informasi telah banyak diterapkan, misalnya pembelajaran elektronik atau yang sering disebut e-learning. Walaupun e-learning telah banyak digunakan dalam pembelajaran, tetapi sistem tersebut memiliki kekurangan yaitu pembelajarannya tidak memperhatikan keragaman dari kemampuan penggunanya secara individual. Intelligent Tutoring System (ITS) menjadi salah satu solusi untuk mendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan membangun aplikasi ITS dengan pemodelan ontologi dan metode Case-Based Reasoning (CBR) untuk pembelajaran Java Programming. ITS merupakan sistem yang tidak hanya menyediakan bimbingan belajar kepada pengguna, tetapi juga menyesuaikan bimbingan belajar dengan kemampuan pengguna. Pemodelan ontologi berperan sebagai pemetaan bahan pembelajaran Java Programming dan metode CBR berperan sebagai sistem yang menyesuaikan bimbingan belajar dengan kemampuan pengguna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi ITS telah dapat membantu pengguna dalam memberikan pembelajaran yang adaptif dan user-friendly. Berdasarkan hasil evaluasi usability sistem oleh 20 pengguna, aplikasi ini dapat diterima karena nilai usability sistem mencapai angka 3,7625 dari skala 1 sampai 5.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 15 May 2018 15:06
    Last Modified: 15 May 2018 15:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41106

    Actions (login required)

    View Item