Integrasi SWOT Kuantitatif dan Kualitatif Untuk Menyusun Perencanaan Strategis Bidang Pendidikan (Studi Kasus di Eks-Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni (JPBS) FKIP UNS Surakarta)

Wibowo, Adam Prasetyo (2018) Integrasi SWOT Kuantitatif dan Kualitatif Untuk Menyusun Perencanaan Strategis Bidang Pendidikan (Studi Kasus di Eks-Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni (JPBS) FKIP UNS Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (841Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Adam Prasetyo Wibowo. K2512005. INTEGRASI SWOT KUANTITATIF DAN KUALITATIF UNTUK MENYUSUN PERENCANAAN STRATEGIS BIDANG PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI EKS-JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI (PBS) FKIP UNS SURAKARTA). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2017. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan dimana letak posisi kuadran pada masing-masing program studi di Eks Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni (PBS) FKIP UNS menggunakan metode analisis SWOT (2) menemukan perencanaan strategis Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa di Eks Jurusan PBS FKIP UNS dalam upaya pengembangan program studi menggunakan metode SWOT. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua stakeholder program studi di Eks Jurusan PBS FKIP UNS Surakarta. Ukuran sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan flow model. Hasil penelitian ini adalah (1) letak posisi kuadran Program Studi Pendidikan Seni Rupa dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terletak di kuadran I (strength-opportunity). Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terletak di kuadran II (strength-treath). (2) Perencanaan strategis yang dapat diterapkan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa dalam upaya pengembangan program studi menggunakan matriks SWOT yaitu : (a) peningkatan kapasitas SDM (b) Menjadikan program mahasaiswa berprestasi (mawapres) menjadi program unggulan bagi mahasiswa (c) Melakukan implementasi kurikulum secara disiplin dan bertanggung jawab (d) memperbanyak publikasi jurnal internasional untuk dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa (e) Melakukan peningkatan perawatan sarana prasarana secara berkala (f) melakukan analisis kebutuhan anggaran untuk membuat rancangan anggaran (g) menerpakan pembelajaran work based learning dalam pembelajaran mahasiswa (h) Menyusun SOP yang jelas untuk manajemen organisasi prodi (i) Memperbaiki komunikasi antara perguruan tinggi dengan dunia kerja (j) Memperbaiki kinerja tim multimedia dan informasi yang ada di prodi (k) Memperbaiki hubungan kerjasama dengan lembaga mitra (l) menjalin kerjasama dengan pemerintah di daerah-daerah untuk mendistribusikan lulusan prodi (m) meningkatkan kualitas dan kuantitas program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kata Kunci : Integrasi, SWOT, Peremcanaan Strategis, PBS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 15 May 2018 13:15
    Last Modified: 15 May 2018 13:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41090

    Actions (login required)

    View Item