Persepsi Petani Tambak Pada Pengelolaan Tambak Sistem Wanamina dalam Upaya Pelestarian Hutan Mangrove di Kecamatan Tugu Kota Semarang

K, ARLINA INTAN (2018) Persepsi Petani Tambak Pada Pengelolaan Tambak Sistem Wanamina dalam Upaya Pelestarian Hutan Mangrove di Kecamatan Tugu Kota Semarang. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1345Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi, mengidentifikasi faktor pembentuk persepsi dan menganalisis pengaruh faktor pembentuk persepsi terhadap persepsi petani tambak pada pengelolaan tambak sistem wanamina. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatori dengan teknik survei. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive di Kecamatan Tugu. Sampel penelitian berjumlah 45 responden yang ditentukan dengan metode proportional random sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Skala yang digunakan adalah skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi petani tambak terhadap pelestarian hutan mangrove, pengelolaan tambak, manfaat wanamina dan tujuan wanamina tergolong baik. Persepsi petani tambak terhadap manfaat dan tujuan wanamina termasuk kategori skor tinggi. Faktor pembentuk persepsi dalam penelitian ini adalah umur, pendidikan formal, pendidikan non formal, pengalaman, aksesibilitas informasi, lingkungan sosial dan pendapatan. Faktor yang berpengaruh terhadap terbentuknya persepsi adalah umur, pendidikan formal, aksesibilitas informasi dan lingkungan sosial. Umur memiliki pengaruh sebesar 30,3% dengan hubungan yang positif. Pendidikan formal berpengaruh sebesar 38,3% dengan hubungan yang positif. Aksesibilitas informasi berpengaruh sebesar 95,9% dengan hubungan positif. Lingkungan sosial memiliki pengaruh sebesar 46,6% dengan hubungan negatif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SD Forestry
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 15 May 2018 11:56
    Last Modified: 15 May 2018 11:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41087

    Actions (login required)

    View Item