PENGARUH PENAMBAHAN UNSUR MAGNESIUM PADA PROSES PENGECORAN VELG ALUMINIUM DENGAN METODE PENGECORAN CETAKAN TEKAN TERHADAP TINGKAT KEKERASAN, KEKUATAN IMPACT, DAN STRUKTUR MIKRO

KUNCORO, ARIF SRI (2018) PENGARUH PENAMBAHAN UNSUR MAGNESIUM PADA PROSES PENGECORAN VELG ALUMINIUM DENGAN METODE PENGECORAN CETAKAN TEKAN TERHADAP TINGKAT KEKERASAN, KEKUATAN IMPACT, DAN STRUKTUR MIKRO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (755Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Arif Sri Kuncoro, K2513005. PENGARUH PENAMBAHAN UNSUR MAGNESIUM PADA PROSES PENGECORAN VELG ALUMINIUM DENGAN METODE PENGECORAN CETAKAN TEKAN TERHADAP TINGKAT KEKERASAN, KEKUATAN IMPACT DAN STRUKTUR MIKRO. Skripsi, Surakarta: FakultasKeguruan Dan IlmuPendidikan, UniversitasSebelasMaret, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh penambahan unsur magnesium (Mg) pada pengecoran velg paduan aluminiumterhadap tingkat kekerasan, (2) Pengaruh penambahan unsur magnesium (Mg) pada pengecoran velgpaduan aluminium terhadap kekuatan impact, (3) Pengaruh penambahan unsur magnesium (Mg) pada pengecoran velg aluminium terhadap struktur mikro. Penelitianinimenggunakanmetodeeksperimen dengan analisis data deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah hasil pengecoran ulang velg paduan aluminium yang telah ditambahkan magnesium (Mg). Variabel bebas pada penelitian kali ini adalah penambahan magnesium (Mg) dengan variasi 2%, 3%, dan 4%. Variabel terikat pada penelitian kali ini adalah struktur mikro, kekerasan, dan kekuatan impact pada hasil pengecoran velg paduan aluminium. Hasil pada penelitian ini : (1) Ada pengaruh pada nilai kekerasan dari variasi penambahan magnesium, pada variasi 2% memiliki nilai rata-rata kekerasan sebesar 74,04 HB, pada penambahan 3% magnesium memiliki rata-rata nilai kekerasan sebesar 81,47 HB sedangkan pada variasi penambahan magnesium sebanyak 4% memiliki rata-rata nilai kekerasan sebesar 95,87 HB. (2) Ada pengaruh pada kekuatan impact dari variasi penambahan magnesium, pada variasi 2% memiliki rata-rata nilai impact sebesar 0,055 J/mm2, pada penambahan 3% magnesium memiliki rata-rata nilai impact sebesar 0,041 J/mm2, dan pada variasi penambahan magnesium sebanyak 4% memiliki rata-rata nilai impact sebesar 0,026 J/mm2. (3) Ada pengaruh penambahan magnesium terhadap penyebaran matriks velg aluminium paduan. Kata Kunci: Kekuatan impact, Nilai kekerasan, Struktur mikro, Penambahan magnesium, Velg paduan aluminium.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 15 May 2018 11:46
    Last Modified: 15 May 2018 11:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41084

    Actions (login required)

    View Item