EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL SIMPANG EMPAT TERMINAL ANGKUTAN UMUM GONDANGREJO, JL. RAYA SOLO-PURWODADI, KECAMATAN GONDANGREJO, KABUPATEN KARANGANYAR, PROVINSI JAWA TENGAH

F, FINSA AZIZ (2018) EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL SIMPANG EMPAT TERMINAL ANGKUTAN UMUM GONDANGREJO, JL. RAYA SOLO-PURWODADI, KECAMATAN GONDANGREJO, KABUPATEN KARANGANYAR, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (370Kb)

    Abstract

    Finsa Aziz Fernanda, 2017, Evaluasi Kinerja Simpang Tak Bersinyal Simpang Empat Terminal Angkutan Umum Gondangrejo, Jl. Raya Solo – Purwodadi, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Tugas Akhir, Jurusan DIII Teknik Sipil Transportasi Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret. Simpang Empat Terminal Angkutan Umum Gondangrejo, Jl. Raya Solo - Purwodadi, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah memiliki arus lalu lintas mix traffic dari kendaraan tidak bermotor, sepeda motor, mobil penumpang hingga truk 3 as, sehingga simpang ini berpotensi menimbulkan kecelakaan, antrian, kemacetan dan tundaan terutama pada saat jam sibuk. Permasalahan lainnya yaitu terdapat aktifitas di samping jalan pada pendekat simpang dan tidak adanya rambu-rambu lalu lintas pada simpang. Oleh karena itu pada pengerjaan Tugas Akhir ini dilakukan pengamatan dan perhitungan untuk meningkatkan kinerja simpang empat Terminal Angkutan Umum Gondangrejo, Jl. Raya Solo - Purwodadi, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Cara penelitian yang dilakukan dengan melakukan survey di lapangan untuk mendapatkan data volume lalu lintas dan geometrik simpang kemudian diolah dengan menggunakan acuan MKJI 1997. Hasil perhitungan kinerja simpang pada kondisi eksisting memiliki nilai derajat kejenuhan (DS) rata-rata adalah 0,88 dan peluang antrian (QP) sebesar 19,58-62,83%. Dari hasil perhitungan kinerja simpang kondisi eksisting, maka untuk meningkatkan kinerja simpang direncanakan menjadi simpang bersinyal dengan pengaturan 4 Fase dan pelebaran pada 2 lengan mayor selebar 2 meter dan 1 lengan minor selebar 1 meter. Kinerja simpang yang diperoleh setelah di desain ulang yaitu nilai derajat kejenuhan (DS) rata-rata adalah 0,70, panjang antrian (QL) sepanjang 44,3 m - 82,0 m dan tundaan simpang (D) adalah sebesar 33,70-53,34 smp/det.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 15 May 2018 11:38
    Last Modified: 15 May 2018 11:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41081

    Actions (login required)

    View Item