PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI 1 BANYUDONO

Setyorini, Evi Sulis (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI 1 BANYUDONO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (546Kb)

    Abstract

    Evi Sulis Setyorini. K2313021. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI 1 BANYUDONO. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Tujuan penelitian untuk: (1) mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran berbasis literasi sains pada materi Fluida Dinamis dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono. (2) mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran berbasis literasi sains pada materi Fluida Dinamis dapat meningkatkan kognitif siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data berupa pelaksanaan pembelajaran, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data untuk aktivitas belajar dan kemampuan kognitif siswa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran berbasis literasi sains dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatknya jumlah siswa dengan skor 3 dan 4 pada setiap pertemuan pada indikator 1 sampai dengan indikator 12. (2) Penerapan model pembelajaran berbasis literasi sains dapat meningkatkan kognitif Fisika siswa, hal tersebut ditunjukkan banyaknya jumlah siswa yang tuntas atau melebihi KKM pada pra siklus sebesar 33,33 %, siklus I sebesar 30 %, dan siklus II sebesar 50 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif Fisika siswa sebelum penerapan model pembelajaran berbasis literasi sains dan sesudah penerapan model pembelajaran berbasis literasi sains. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Literasi Sains, Aktivitas Belajar, Kemampuan Kognitif, Fluida Dinamis, Penelitian Tindakan Kelas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 15 May 2018 10:46
    Last Modified: 15 May 2018 10:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41070

    Actions (login required)

    View Item