Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Kinematika Gerak Lurus Menggunakan Tes Diagnostik Empat Tahap untuk Siswa SMA Kelas XI di Valaya Alongkorn Rajabhat University Demonstrations School

ADHITAMA, EGY (2018) Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Kinematika Gerak Lurus Menggunakan Tes Diagnostik Empat Tahap untuk Siswa SMA Kelas XI di Valaya Alongkorn Rajabhat University Demonstrations School. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (877Kb)

    Abstract

    Demonstrations School pada materi Kinematika Gerak Lurus menggunakan instrumen tes diagnostik empat tahap. Data diperoleh melalui tes diagnostik empat tahap. Tahap pertama yaitu pertanyaan yang berbentuk pilihan ganda, tahap kedua dan tahap keempat yaitu soal untuk mengidentifikasi tingkat kepercayaan diri, soal tahap ketiga yaitu alasan dari soal tahap satu. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa sebanyak 21.03 % siswa SMA kelas XI di Valaya Alongkorn Rajabhat University Demonstrations School mengalami miskonsepsi dalam materi Kinematika Gerak Lurus. Sedangkan siswa yang sudah paham konsep hanya sebesar 11.89%. Selain itu, juga terdapat 67.08 % siswa yang kurang paham konsep. Dengan demikian, hasil identifikasi mengenai letak miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas XI di Valaya Alongkorn Rajabhat University Demonstrations School pada sub konsep dalam materi Kinematika Gerak Lurus adalah sebagai berikut: Pada sub konsep perpindahan dan jarak yaitu sebesar 16.4%. Pada sub konsep kecepatan dan kelajuan yaitu sebesar 14%. Pada sub konsep percepatan dan perlanjuan yaitu sebesar 26.2%. Pada sub konsep grafik posisi dan kecepatan sebagai fungsi waktu yaitu sebesar 18,7%. Pada sub konsep GLB yaitu sebesar 22.4%. Pada sub konsep GLBB sebesar yaitu sebesar 12.8%. Pada sub konsep gerak jatuh bebas yaitu sebesar 23.1%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 15 May 2018 10:20
    Last Modified: 15 May 2018 10:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41067

    Actions (login required)

    View Item