Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Konformitas Teman Sebaya Melalui Money Attitude Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa IPS SMA Negeri Kota Bandar Lampung

MAHRUNNISYA, DYANTI (2018) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Konformitas Teman Sebaya Melalui Money Attitude Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa IPS SMA Negeri Kota Bandar Lampung. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (603Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku konsumtif pada siswa SMA, 2) pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif pada siswa SMA, 3) pengaruh kecerdasan emosional melalui money attitude terhadap perilaku konsumtif siswa SMA, 4) pengaruh konformitas teman sebaya melalui money attitude terhadap perilaku konsumtif pada siswa SMA, 5) pengaruh kecerdasan emosional dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik sampling pada penelitian ini adalah Proporsional Stratified Random Sampling, jumlah sampel sebanyak 165 siswa SMA di Kota bandar Lampung. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku konsumtif sebesar 28. 9%. 2) Ada pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif sebesar 32.4%. 3) Ada pengaruh kecerdasan emosional melalui money attitude terhadap perilaku konsumtif sebesar 5.15 %. 4) Ada pengaruh konformitas teman sebaya melalui money attitude terhadap perilaku konsumtif sebesar 11.22%. 5) Ada pengaruh kecerdasan emosional dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif sebesar 28. 9%.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 14 May 2018 17:37
    Last Modified: 14 May 2018 17:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41065

    Actions (login required)

    View Item