Peranan Industri Batik Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dan Kondisi Sosial Ekonomi Penduduk Studi Kasus Industri Batik Desa Pilang Tahun 2017 (Sebagai Modul Pembelajaran Geografi SMA pada Kompetensi Dasar Dinamika dan Masalah Kependudukan Serta Sumber Daya Manusia di Indonesia untuk Pembangunan)

SARI, DINNAR HANDIKA (2018) Peranan Industri Batik Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dan Kondisi Sosial Ekonomi Penduduk Studi Kasus Industri Batik Desa Pilang Tahun 2017 (Sebagai Modul Pembelajaran Geografi SMA pada Kompetensi Dasar Dinamika dan Masalah Kependudukan Serta Sumber Daya Manusia di Indonesia untuk Pembangunan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (656Kb)

    Abstract

    Dinnar Handika Sari. K5413021. PERANAN INDUSTRI BATIK TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI PENDUDUK STUDI KASUS INDUSTRI BATIK DESA PILANG TAHUN 2017 (Sebagai Modul Pembelajaran Geografi SMA pada Kompetensi Dasar Dinamika dan Masalah Kependudukan Serta Sumber Daya Manusia di Indonesia untuk Pembangunan).Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peranan industri batik terhadap penyerapan tenaga kerja di Desa Pilang, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen; (2) mengetahui peranan industri batik terhadap kondisi sosial ekonomi penduduk Desa Pilang, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen; dan (3) mengetahui implementasi modul bahan ajar pada pembelajaran geografi SMA KD Dinamika dan Masalah Kependudukan Serta Sumber Daya Manusia di Indonesia untuk Pembangunan Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kerja industri batik di Desa Pilang yang berjumlah 1202 jiwa. Sampel yang terpilih adalah 50 tenaga kerja berdasarkan bagian kerjanya dengan teknik pengambilan sampel cluster random ssampling. Peneleitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data digunakan dengan teknik observasi, kuisioner, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan tabel frekuensi dan tabel silang. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, sebanyak 66 industri batik di Desa Pilang berperan dalam menyerap tenaga kerja sebesar 31 % dari total angkatan kerja. Industri batik berperan dalam menyerap tenaga kerja dengan tingkat pendidikan rendah sehingga mampu mengatasi masalah ketenagakerjaan yang berkaitan dengan rendahnya tingkat pendidikan. Kedua, industri batik berperan dalam meningkatkan kondisi sosial ekonomi tenaga kerja terutama melalui pendapatan yang diperoleh tenaga kerja dari industri batik. Ketiga, hasil penelitian dibuat dalam bentuk modul pembelajaran geografi di SMA sebagai bentuk pengembangan pembelajaran saintifik bagi peserta didik. Kata Kunci : Industri Batik, Tenaga Kerja, Sosial Ekonomi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 14 May 2018 17:06
    Last Modified: 14 May 2018 17:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41061

    Actions (login required)

    View Item