ANALISIS PERSEPSI SISWA TERHADAP BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) MATERI VIRUS KELAS X SEMESTER 1 DAN RELEVANSINYA DENGAN HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 8 SURAKARTA

Ratnawati, Dewi Yulia (2018) ANALISIS PERSEPSI SISWA TERHADAP BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) MATERI VIRUS KELAS X SEMESTER 1 DAN RELEVANSINYA DENGAN HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 8 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (429Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dewi Yulia R. K4311024. ANALISIS PERSEPSI SISWA TERHADAP BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) MATERI VIRUS KELAS X SEMESTER 1 DAN RELEVANSINYA DENGAN HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 8 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap BSE materi virus kelas X Semester 1 dan relevansinya dengan hasil belajar di SMA Negeri 8 Surakarta. Analisis BSE materi virus ditinjau dari 5 aspek standar penulisan buku yang terdiri dari: aspek kesesuaian isi, pendekatan belajar, penilaian kontekstual, kebahasaan, dan grafika. Analisis dilakukan dengan menggunakan indikator dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang diambil berdasarkan persepsi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Kurikulum, Guru dan Siswa. Populasi dari penelitian ini terdiri dari seluruh warga di SMA Negeri 8 Surakarta. Sampel penelitian diambil, yaitu 54 siswa kelas X MIPA dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi serta angket. Data kualitatif dari observasi, wawancara, dan dokumentasi didukung data kuantitatif persepsi siswa terhadap materi berupa skala terhadap aspek-aspek standar penulisan buku yang ditentukan oleh BSNP berdasarkan angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap 5 aspek standar penulisan buku pada BSE materi virus adalah sebagai berikut: 1) aspek kesesuaian isi masuk dalam kategori cukup (3,28); 2) aspek pendekatan belajar masuk dalam kategori cukup (3,09); 3) aspek penilaian kontekstual masuk dalam kategori cukup (3,52); 4) aspek kebahasaan masuk dalam kategori kurang (2,96); 5) aspek grafika masuk dalam kategori cukup (3,07). Hasil belajar siswa baik nilai ulangan akhir semester maupun ulangan harian materi virus telah mencapai KKM yaitu 72/70 dan 76/70, atau tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap 5 aspek standar penulisan buku pada BSE materi virus secara keseluruhan adalah cukup. Persepsi siswa tersebut sudah relevan dengan hasil belajar siswa yang telah mencapai KKM atau tuntas. Kata kunci : BSE, aspek kesesuaian isi, aspek pendekatan belajar, aspek penilaian kontekstual, aspek kebahasaan, aspek grafika, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 14 May 2018 14:38
    Last Modified: 14 May 2018 14:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41044

    Actions (login required)

    View Item