Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Scientific Explanation Siswa Kelas X MIPA pada Pembelajaran Biologi

S, ANNISA DEWI (2018) Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Scientific Explanation Siswa Kelas X MIPA pada Pembelajaran Biologi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1045Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Annisa Dewi Setyowati. K4313012. IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SCIENTIFIC EXPLANATION SISWA KELAS X MIPA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Februari 2018. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa kelas X MIPA melalui implementasi PBL. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning yang meliputi 5 tahap pembelajaran. Tahapan Problem Based Learning terdiri dari meeting the problem, problem analysis and learning issues, discovery and reporting, solution presentation and reflection, dan overview, integration, and evaluation (Tan, 2003). Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang memuat komponen scientific explanation dengan penilaian yang mengacu pada Mcneill, Lizotte, Krajcik, & Marx (2006), wawancara, dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yang tiap siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 3 yang terdiri dari 37 siswa. Data penelitian meliputi hasil penilaian tes scientific explanation, keterlaksanaan sintaks model problem based learning, dan data pendukung berupa hasil belajar siswa yang terdiri dari aspek afektif, psikomotor, dan dokumentasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis untuk mengukur kemampuan scientific explanation siswa dan teknik non-tes yaitu dengan metode observasi, dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan metode triangulasi teknik. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan scientific explanation siswa. Rerata persentase kemampuan scientific explanation siswa sebesar 26,67% pada prasiklus, 52,34% pada siklus 1, dan 72,88% pada siklus 2. Persentase capaian komponen claim sebesar 51,62% pada prasiklus, 70,54% pada siklus 1, dan 88,92% pada siklus 2. Persentase capaian komponen evidence sebesar 14,32% pada prasiklus, 44,05% pada siklus, dan 65,68% pada siklus 2. Persentase capaian komponen reasoning sebesar 14,05% pada prasiklus, 42,43% pada siklus, dan 64,05% pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa implementasi problem based learning dapat meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa Kelas X MIPA. Kata Kunci: scientific explanation, claim, evidence, reasoning, problem based learning, penelitian tindakan kelas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Anas Falih Faishal
    Date Deposited: 14 May 2018 13:57
    Last Modified: 14 May 2018 13:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/41035

    Actions (login required)

    View Item